Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematis Logis Anak Di RA Bani Utsman Darma
Journal of Early Childhood and Character Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematis Logis Anak Di RA Bani Utsman Darma
|
|
Creator |
Wahyudin, Erik
Suhartini, Nani |
|
Subject |
Kecerdasan Matematis Logis, Permainan Ular Tangga;
|
|
Description |
Upaya meningkatkan Kecerdasan matematis Logis pada Anak melalui permainan ular tangga di kelompok B RA Bani Utsman Dama , Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). Kecerdasan Matematis Logis pelu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Kecerdasan Matematis logis anak yaitu melalui permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan Matematis anak melalui permainan ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Bani Utsman Desa Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, semester II tahun pelajaran 2021/2022, sejumlah 24 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif anatara kepala sekolah, peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan data kulitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan matematika pra tindaka sebesar 20,84%, peingkatan kemampuan matematika siklus I sebesar 31,94%, peningkatan kemampuan matematika siklus II sebesar 5555% dan kemampuan siklus III sebesar 84,72%. Upaya meningkatkan kemampuan matematika melalui permainan ular tangga juga di dukung oleh beberapa indicator yaitu membilang 1-20, membuat urutan bilangan 1-20 dengan gambar benda, dan menghubungkan lambang bilangan dengan gaambar benda sampai 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerdasan matematis logis.
|
|
Publisher |
FITK UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-10-26
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/8805
10.21580/joecce.v1i2.8805 |
|
Source |
Journal of Early Childhood and Character Education; Vol 1, No 2 (2021): Joecce; 123-134
2775-2046 2775-5444 10.21580/joecce.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/8805/pdf
10.21580/joecce.v1i2.8805.g3566 |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Journal of Early Childhood and Character Education
|
|