Record Details

Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematis Logis Anak Di RA Bani Utsman Darma

Journal of Early Childhood and Character Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Upaya Meningkatkan Kecerdasan Matematis Logis Anak Di RA Bani Utsman Darma
 
Creator Wahyudin, Erik
Suhartini, Nani
 
Subject Kecerdasan Matematis Logis, Permainan Ular Tangga;
 
Description Upaya meningkatkan Kecerdasan matematis Logis pada Anak melalui permainan ular tangga di kelompok B RA Bani Utsman Dama , Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). Kecerdasan Matematis Logis pelu ditingkatkan, oleh karena itu pembelajaran harus menarik dan menyenangkan. Salah satu cara untuk meningkatkan Kecerdasan Matematis logis anak yaitu melalui permainan ular tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan Matematis anak melalui permainan ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B RA Bani Utsman Desa Darma Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan, semester II tahun pelajaran 2021/2022, sejumlah 24 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif anatara kepala sekolah, peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan data kulitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan matematika pra tindaka sebesar 20,84%, peingkatan kemampuan matematika siklus I sebesar 31,94%, peningkatan kemampuan matematika siklus II sebesar 5555% dan kemampuan siklus III sebesar 84,72%. Upaya meningkatkan kemampuan matematika melalui permainan ular tangga juga di dukung oleh beberapa indicator yaitu membilang 1-20, membuat urutan bilangan 1-20 dengan gambar benda, dan menghubungkan lambang bilangan dengan gaambar benda sampai 20. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan permainan ular tangga dapat meningkatkan kecerdasan matematis logis.
 
Publisher FITK UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-10-26
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/8805
10.21580/joecce.v1i2.8805
 
Source Journal of Early Childhood and Character Education; Vol 1, No 2 (2021): Joecce; 123-134
2775-2046
2775-5444
10.21580/joecce.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/8805/pdf
10.21580/joecce.v1i2.8805.g3566
 
Rights Copyright (c) 2021 Journal of Early Childhood and Character Education