Stimulasi Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia (3-4) Tahun Masa Pandemi Covid 19
Journal of Early Childhood and Character Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Stimulasi Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia (3-4) Tahun Masa Pandemi Covid 19
|
|
Creator |
Tiaranisa, Dina
Sumarni, Sri |
|
Subject |
Stimulasi kemandirian AUD; Covid-19;
|
|
Description |
Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan menyangkut stimulasi orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia (3-4) tahun selama masa pandemi Covid-19 di RT 06 Pasar Bawah Lahat. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ialah analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya mereduksi data yang diperoleh dari lapangan. Pada penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu orang tua yang mempunyai anak usia (3-4) tahun di RT 06 Pasar Bawah Lahat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi yang diberikan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia (3-4) tahun selama masa pandemi Covid-19 yaitu membereskan mainan, memakai kaos kaki dan sepatu, menggosok gigi, memakai pakaian, makan sendiri, mencuci tangan, membuang sampah dan mandi sendiri.
|
|
Publisher |
FITK UIN Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-02-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10075
10.21580/joecce.v2i1.10075 |
|
Source |
Journal of Early Childhood and Character Education; Vol 2, No 1 (2022): Joecce; 47-60
2775-2046 2775-5444 10.21580/joecce.v2i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10075/pdf
10.21580/joecce.v2i1.10075.g3891 |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education
|
|