Record Details

Shadow Teacher dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Lembaga Raudlatul Athfal

Journal of Early Childhood and Character Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Shadow Teacher dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di Lembaga Raudlatul Athfal
 
Creator Marwiyati, Sri
Kinasih, Asrie Sekar
 
Subject peran guru pendamping; pembelajaran PAUD; Anak Usia Dini;
 
Description Shadow Teacher merupakan guru yang membantu guru inti dalam proses pembelajaran mulai proses perencanaan sampai evaluasi. Penelitian ini memliki tujuan untuk untuk mengetahui bagaimana peran shadow teacher dalam persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta dalam kegiatan evaluasi pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru pendamping. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping. Sumber data yang lain yaitu berupa foto-foto kegiatan, buku kurikulum, melalui dokumentasi serta proses observasi dalam proses pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran shadow teacher dalam perencanaan pembelajaran di RA Masyitoh adalah membantu mempersiapkan materi ajar, perangkat pembelajaran, menyiapkan APE atau media pembelajaran, (2) Peran shadow teacher dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran di RA Masyitoh adalah membantu dalam pelaksanaan pembelajaran ketika anak datang sampai anak pulang. membantu anak dalam konsentrasi belajar, keaktifan di kelas, membantu anak dalam mengendalikan perilaku anak, (3) Peran shadow teacher dalam evaluasi pembelajaran di RA Masyitoh adalah membantu guru inti dalam mengamati anak untuk mengetahui perkembangan anak dan juga membantu mengevaluasi pembelajaran. Guru pendamping tidak berbeda dengan guru inti dalam proses pembelajaran dan juga sama-sama berkewajiban dalam memberikan keteladan yang baik pada anak. 
 
Publisher FITK UIN Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2022-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10674
10.21580/joecce.v2i1.10674
 
Source Journal of Early Childhood and Character Education; Vol 2, No 1 (2022): Joecce; 29-46
2775-2046
2775-5444
10.21580/joecce.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10674/pdf
10.21580/joecce.v2i1.10674.g3884
 
Rights Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education