Record Details

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TEORI KENETIK GAS MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN 2016/2017

LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN TEORI KENETIK GAS MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI IPA 5 SMA NEGERI 6 KEDIRI TAHUN 2016/2017

 
Creator Mursalim, Mursalim
 
Description Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Fisika dengan diterapkannya metode ceramah dan kerja kelompok? (b) Bagaimanakah pengaruh metode ceramah dan kerja kelompok terhadap motivasi belajar siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I 65,12%), siklus II (76,74%), siklus III (88,37%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode ceramah dan kerja kelompok dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa kelas XII, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Fisika.
 
Publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kadiri
 
Date 2019-08-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/970
 
Source LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran; Vol 9 No 4 (2019): LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran; 47-55
2086-6860
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/970/782
 
Rights Copyright (c) 2019 LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran