Record Details

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN PERANG DUNIA II SEMESTER 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH POKOK BAHASAN PERANG DUNIA II SEMESTER 1 MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPS 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 
Creator Juniati, Erni
 
Description Metode kerja kelompok tidak akan memasung kelebihan siswa yang mempunyai kecerdasan super untuk berkembang, dan tidak pula memanjakan mereka yang pemalas. Ini semua dapat dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkenalkan dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Penilitian ini bertujuan (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Discovery Learning terhadap hasil belajar Sejarah Pokok Bahasan Perang Dunia II, (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Sejarah Pokok Bahasan  setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Obyek  penelitian ini adalah siswa Kelas XI.IPS.2. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal sampai siklus II yaitu, tes awal (42,85%), siklus I (75,%), siklus II (96,42 %). Hasil akhir dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Discovery Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa XI.IPS.2, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pengajaran Sejarah pada Pokok Bahasan Perang Dunia II.
 
Publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kadiri
 
Date 2019-08-20
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/967
 
Source LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran; Vol 9 No 4 (2019): LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran; 20-28
2086-6860
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/Lentera/article/view/967/779
 
Rights Copyright (c) 2019 LENTERA : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran