Record Details

Strategi Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Belajar pada Masa Covid-19 di Yayasan Maharesi Siddiq Kab Cirebon

Jawda: Journal of Islamic Education Management

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Strategi Kepala Madrasah dalam Menciptakan Budaya Belajar pada Masa Covid-19 di Yayasan Maharesi Siddiq Kab Cirebon
 
Creator Yuliasari, Tika
Ikhrom, Ikhrom
 
Subject Strategi Kepala Madrasah, Budaya Belajar, Covid-19
 
Description Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan budaya belajar selama pandemi covid-19. Tergerusnya budaya belajar menjadi tanggung jawab kepala madrasah dalam menentukan akuntabilitas keberhasilan siswa. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepala madrasah dalam menciptakan budaya belajar selama covid-19 di Yayasan Maharesi Siddiq. Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini didukung dengan data wawancara secara langsung dengan pihak terkait, observasi lapangan dan dokumentasi tentang budaya belajar. Data dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yakni reduksi data, display data, dan verifikasi data. Penelitian ini menemukan bahwa penciptaan budaya belajar siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas dilakukan melalui tiga strategi yakni strategi perencanaan program budaya belajar, strategi pelaksanaan dan strategi pengawasan program. Ketiga strategi tersebut terbukti mampu menciptakan budaya belajar siswa yang mencakup dimensi kognitif, tata nilai, dan tradisi.   
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Contributor
 
Date 2022-01-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/10501
10.21580/jawda.v2i2.2021.10501
 
Source Jawda: Journal of Islamic Education Management; Volume 2 Number 2 October 2021; 43-59
27742725
27742733
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/10501/3857
 
Rights Copyright (c) 2022 Tika Yuliasari
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0