Record Details

Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia)

Jawda: Journal of Islamic Education Management

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia)
 
Creator Isnaini, Siti
Syukur, Fatah
Khunaifi, Agus
 
Subject penerapan; sistem manajemen kualitas ISO 9001:2015; madrasah
 
Description Kompetisi dunia kerja di era global ini tidak hanya terjadi di level nasional melainkan internasional. Realitas ini menuntut lembaga-lembaga pendidikan memiliki kualitas lulusan berstandar internasional. Penelitian ini bertujuan mengkaji implikasi penerapan  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari teori Deming, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan (plan); madrasah merumuskan sasaran mutu, isu-isu internal eksternal, resiko-peluang, serta kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan. Tahap pelaksanaan (do); madrasah melakukan komunikasi, sosialisasi dan menggalang dukungan untuk menjamin proses Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di madrasah. Tahap pemeriksaan (check); madrasah melakukan audit internal, audit eksternal dan menyebarkan angket layanan. Tahap peningkatan berkelanjutan (act); madrasah menggunakan hasil angket layanan yang telah disebar dan juga meningkatkan grade dalam sasaran mutu. Implikasi penerapan sistem ini diantaranya terciptanya sinergitas kebutuhan akreditasi madrasah, peningkatan citra madrasah,  peningkatan kualitas program, dan peningkatan kedisiplinan
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Contributor
 
Date 2021-05-24
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/6680
10.21580/jawda.v1i1.2020.6680
 
Source Jawda: Journal of Islamic Education Management; Volume 1 Number 1 October 2020; 14-24
27742725
27742733
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/6680/2952
 
Rights Copyright (c) 2020 Jawda: Journal of Islamic Education Management
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0