Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia)
Jawda: Journal of Islamic Education Management
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Implikasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Banat, Kudus, Indonesia)
|
|
Creator |
Isnaini, Siti
Syukur, Fatah Khunaifi, Agus |
|
Subject |
penerapan; sistem manajemen kualitas ISO 9001:2015; madrasah
|
|
Description |
Kompetisi dunia kerja di era global ini tidak hanya terjadi di level nasional melainkan internasional. Realitas ini menuntut lembaga-lembaga pendidikan memiliki kualitas lulusan berstandar internasional. Penelitian ini bertujuan mengkaji implikasi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari teori Deming, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan (plan); madrasah merumuskan sasaran mutu, isu-isu internal eksternal, resiko-peluang, serta kebutuhan dan harapan pihak berkepentingan. Tahap pelaksanaan (do); madrasah melakukan komunikasi, sosialisasi dan menggalang dukungan untuk menjamin proses Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di madrasah. Tahap pemeriksaan (check); madrasah melakukan audit internal, audit eksternal dan menyebarkan angket layanan. Tahap peningkatan berkelanjutan (act); madrasah menggunakan hasil angket layanan yang telah disebar dan juga meningkatkan grade dalam sasaran mutu. Implikasi penerapan sistem ini diantaranya terciptanya sinergitas kebutuhan akreditasi madrasah, peningkatan citra madrasah, peningkatan kualitas program, dan peningkatan kedisiplinan
|
|
Publisher |
Universitas Islam Negeri Walisongo
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-05-24
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/6680
10.21580/jawda.v1i1.2020.6680 |
|
Source |
Jawda: Journal of Islamic Education Management; Volume 1 Number 1 October 2020; 14-24
27742725 27742733 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/6680/2952
|
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Jawda: Journal of Islamic Education Management
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|