Record Details

Pemetaan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Keling-Jepara-Jawa Tengah

Jawda: Journal of Islamic Education Management

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pemetaan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 1 Keling-Jepara-Jawa Tengah
 
Creator Annafi, Annafi Kusmaratu
Fatkuroji, Fakuroji
Sholihah, Baqiyatush
 
Subject Pemetaan muti; standar; pendidik; tenaga kependidikan
 
Description Pemetaan mutu dilaksanakan untuk memberikan gambaran tentang capaian atau pemenuhan SNP. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) bagaimana pemetaan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan instrumen pemetaan mutu di SMPN 1 Keling Jepara? 2) bagaimana cara meningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMPN 1 Keling Jepara? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rapor mutu sebagai hasil pemetaan mutu menunjukkan ada peningkatan nilai dari tahun sebelumnya, hal ini dibuktikan dengan adanya penambahan guru serta kualifikasi guru yang hampir mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan). Kemajuan juga terjadi pada kepala sekolah yang sudah memenuhi kualifikasi sebagai kepala sekolah profesional, ada juga standar tenaga administrasi yang harus memiliki tenaga administrasi yang berkualifikasi sesuai namun masih banyak data yang tidak terbaca oleh aplikasi dapodik yang menjadikan nilai rapor standar pendidik dan tenaga kependidikan tidak memiliki nilai. Setelah menganalisis pencapaian mutu dilanjutkan dengan upaya kepala sekolah dalam membina tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lewat program pendidikan dan pelatihan, MGMP dan IHT.Quality mapping is carried out to provide an overview of the achievement or fulfillment of the National Education Standards (SNP). This research focuses on the problems: 1) how is the quality mapping of educators and education staff based on the quality mapping instrument at SMPN 1 Keling Jepara? 2) how to improve the quality of educators and education staffs based on the standards of educators and education personnels or staffs at SMPN 1 Keling Jepara? This study uses a descriptive qualitative approach. The results showed that the quality report card as a result of quality mapping showed an increase in grades from the previous year, this was evidenced by the addition of teachers and teacher qualifications that almost reached the National Education Standards (SNP). Progress has also occurred in school principals who have met the qualifications as professional school principals, there are also administrative staff standards who must have appropriate qualified administrative personnel but there is still a lot of data that is not legible by the dapodik application which makes the standard report cards of educators and education personnels have no grade. After analyzing the quality achievement, it is continued with the principal's efforts in fostering educators and education staffs through education and training programs, MGMP and IHT.
 
Publisher Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Contributor
 
Date 2021-10-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/9386
10.21580/jawda.v2i1.2021.9386
 
Source Jawda: Journal of Islamic Education Management; Volume 2 Number 1 April 2021; 88 - 109
27742725
27742733
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda/article/view/9386/3625
 
Rights Copyright (c) 2021 Annafi Kusmaratu Annafi
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0