Record Details

Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting

JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting
 
Creator Fauziyah, Fauziyah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi UMKM di wilayah Kediri dengan adanya Revolusi Industri 4.0.  Permasalahan UMKM yang begitu kompleks akan berdampak pada perkembangan dan keberlanjutan usaha di era revolusi 4.0, sehingga mau tidak mau UMKM harus melek terhadap Teknologi Informasi yang akan merubah pola kerja dan pola pikir.  Penelitian difokuskan pada aspek Marketing dan Accounting, dari hasil survey diketahui bahwa sebagian besar UMKM di Kediri belum bisa dan belum mampu membuat laporan keuangan dengan benar dan permasalahan marketing yang masih lemah dimiliki oleh UMKM.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dimana peneliti mengetahui secara langsung kondisi UMKM dengan cara observasi, pengamatan dan wawancara.   Disamping itu peneliti menggunakan metode penerapan dengan membuat desain model sistem pemasaran e-commerce dan sistem laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di wilayah kediri belum seluruhnya siap dengan adanya perubahan di era revolusi 4.0.  utamanya dari aspek marketing dan accounting
 
Publisher Universitas Islam Kadiri
 
Date 2020-06-01
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1008
10.32503/jmk.v5i2.1008
 
Source JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan); Vol 5 No 2 (2020): Mei; 155-172
2656-0771
2477-3166
10.32503/jmk.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1008/832
 
Rights Copyright (c) 2020 JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan)