Record Details

Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian

JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan)

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian
 
Creator Sya'idah, Evi Husniati
 
Description Abstract
 
Brand equity or in Bahasa Indonesia referred to ekuitas merek is something that refers to the value of a product from a company that can be recognised when compared to similar goods or services on the market. Having a brand equity on a certain product becomes very important for the company because it is considered effective in creating loyal customers. This research aims to determine the influence of brand equity on the decision to purchase toasted bread ‘Bakarin’ in Kediri. Brand equity is associated with brand names, quality effects, strong brand associations, and other assets such as patents and trademarks. This type of research includes causal asossiative research. The population in this research is the buyer of Toasted bread ‘Bakarin’ in Kediri area. While the sample used is 30 subscribers. The data collection technique used in this study is questionnaires. Its analytical data technique uses multi linear regression. From the analysis of the data, it shows that: (1) Brand awareness has a significant effect on purchasing decisions; (2) Brand loyalty has a significant effect on purchasing decisions; (3) Brand awareness, brand association, quality perception, and brand loyalty jointly have significant effect on purchasing decision.
 
Keywords: brand awareness, brand assosiasion, quality percaption, brand loyalty, purchasing decision.
 
 
Abstrak
Brand equity atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai sebagai ekuitas merek adalah sesuatu yang mengacu pada nilai suatu produk dari perusahaan tertentu yang dapat dikenali bila dibandingkan dengan barang atau jasa yang serupa di pasaran. Memiliki brand equity pada suiatu produk menjadi sangat penting bagi perusahaan karena hal tersebut dianggap mampu menciptakan pelanggan yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian roti bakar merek Bakarin di Kediri. Brand equity berhubungan dengan nama merek yang dikenal, kesan kualitas, asosiasi merek yang kuat dan aset-aset lainnya seperti paten dan merek dagang. Jenis penelitian ini termasuk penelitian asossiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli roti bakar merek Bakarin di wilayah Kediri. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 30 pelanggan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik data analisisnya menggunakan multi linear regression. Dari analisis data tersebut, diperoleh hasil: (1) Kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (2) Loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian; (3) Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyaitas merek, keputusan pembelian.
 
Publisher Universitas Islam Kadiri
 
Date 2020-09-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1106
10.32503/jmk.v5i3.1106
 
Source JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan); Vol 5 No 3 (2020): September; 204-216
2656-0771
2477-3166
10.32503/jmk.v5i3
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/ManajemenKewirausahaan/article/view/1106/887
 
Rights Copyright (c) 2020 JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan)