Analisis Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi dan Komitmen Tenaga Pendidik PAUD di Kabupaten Nganjuk
Otonomi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi dan Komitmen Tenaga Pendidik PAUD di Kabupaten Nganjuk
|
|
Creator |
Darojah, Siti
Baehaki, Imam |
|
Description |
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan dasar pendidikan untuk anak – anak. Dimana pendidikan dasar tentang nilai – nilai kehidupan mulai diajarkan melalui bermain dan hal - hal yang menyenangkan. Pendidikan anak usia dini pada dasarnya adalah pendidikan yang ditujukan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yang menitik beratkan pada seluruh aspek perkembangan, baik dari aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional dan seni. Kurangnya pengalaman para pendidik PAUD maka sangat dibutuhkan Pelatihan berupa Diklat berjenjang tingkat dasar dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi Pendidik PAUD yang meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian, dan Kompetensi Profesional. Pelatihan ini diharapkan juga mampu untuk meningkatkan komitmen terhadap profesi yang dijalani oleh tenaga pendidik PAUD. Penelitian ini memiliki tujuan pertama untuk mengetahui bagaimanakah diklat berjenjang tingkat dasar dapat meningkatkan kompetensi pendidik paud di kabupaten Nganjuk, kedua untuk mengetahui bagaimanakah diklat berjenjang tingkat dasar dapat meningkatkan komitmen pendidikan PAUD di kab Nganjuk, dan yang ketiga bagaimanakah peningkatan kompetensi pendidik PAUD mempengaruhi tingkat layanan pendidikan anak usia dini di kabupaten Nganjuk. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. untuk mengetahui ada-tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel pada suatu studi kelompok subjek. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dengan 2 (dua) variable yang menguraikan suatu masalah dengan menggunakan analisis yang berupa angka atau bilangan. Teknik analis data terhadap pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memperoleh hasil, diantaranya 1. Variabel Diklat Pendidikan Tingkat Dasar memiliki pengaruh terhadap peningkatan kompetensi tenaga pendidik PAUD. 2. Variabel Diklat Pendidikan Tingkat Dasar memiliki pengaruh terhadap komitmen tenaga pendidik PAUD. 3. Peningkatan Kompetensi dan Komitmen tenaga pendidik PAUD, dapat mempengaruhi tingkat layanan satuan pendidikan di Kabupaten Nganjuk. |
|
Publisher |
Universitas Islam Kadiri
|
|
Date |
2021-10-21
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2056
10.32503/otonomi.v21i2.2056 |
|
Source |
Otonomi; Vol 21 No 2 (2021): Otonomi; 325-331
2657-1684 1829-6998 10.32503/otonomi.v21i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2056/1338
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Siti Darojah
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|