Analisis Pola Kepemimpinan Kepala Bidang (PPNFI) Dan Kompetensi Pendidik Paud Terhadap Keberhasilan Program Paud Di Kabupaten Nganjuk
Otonomi
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Analisis Pola Kepemimpinan Kepala Bidang (PPNFI) Dan Kompetensi Pendidik Paud Terhadap Keberhasilan Program Paud Di Kabupaten Nganjuk
|
|
Creator |
Harbiyanto, Harbiyanto
|
|
Description |
Pola Kepemimpinan seseorang dalam memimpin sangat berpengaruh dan menjadi faktor penentu bagi peningkatan dan penurunan keberhasilan program, oleh karena itu terlihat jelas bahwa dalam setiap lembaga membutuhkan Pola kepemimpinan yang efektif sebab dalam hal ini selain tergantung pada keandalan dan kemampuan para bawahannya dalam mengoperasikan unit-unit kerja yang ada dalam suatu lembaga, kepemimpinan yang efektif serta pengaruh dan peran pimpinan sangat diperlukan karena pada kenyataannya keberhasilan suatu lembaga di tentukan oleh kepemimpinan dan pola kepemimpinan yang dikembangkan pada lembaga tersebut untuk mencapai tujuan dari lembaga. Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah penelitian yakni adalah pengaruh pola kepemimpinan dan kompetensi pendidik terhadap keberhasilan program PAUD di Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner (angket) yang berupa pernyataan tertulis yang diberikan kepada responden. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berdasarkan jawaban dari responden terhadap kuesioner (angket) yang dibagikan pada 100 responden yang diambil di lembaga PAUD yang ada di kabupaten nganjuk. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas dan Reliabilitas dengan menggunakan bantuan hasil SPSS versi 2.5 adalah valid dan reliabel dari data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana ,dan pengujian koefisien determinasi, dengan uji T. Dari hasil analisis data penelitian di simpulkan bahwa ada pengaruh dari pola kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala bidang PPNFI terhadap kompetensi dan keberhasilan program , hal ini dapat di lihat dengan signifikansi α = 0.05 dengan hasil uji t = 1,660, dan signifikansi nya < 0,05 (0,000< 0,05), artinya hipotesis dapat di simpulkan bahwa Ho di tolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pola kepemimpinan dan kompetensi secara positif berpengaruh terhadap keberhasilan program PAUD di Kabupaten Nganjuk |
|
Publisher |
Universitas Islam Kadiri
|
|
Date |
2021-10-19
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2039
10.32503/otonomi.v21i2.2039 |
|
Source |
Otonomi; Vol 21 No 2 (2021): Otonomi; 224-234
2657-1684 1829-6998 10.32503/otonomi.v21i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/otonomi/article/view/2039/1326
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Harbiyanto Harbiyanto
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|