Record Details

Penggunaan Metode Team Games Tournament pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Journal of Integrated Elementary Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penggunaan Metode Team Games Tournament pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
 
Creator Shalahudin, Shalahudin
Wati, Widiya
 
Subject learning activities, teams games tournament learning model, thematic learning, keaktifan belajar, model pembelajaran teams games tournament, pembelajaran tematik
 
Description AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk penggunaan metode teams games tournament untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di dalam proses pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan agama di negeriku. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas IV SD Negeri 59/IX Penyengat Olak. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode teams games tournament dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 61% dan pada siklus II adalah sebesar 93%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode team games tournamen dapat meningkatkan keaktifan siswa di dalam proses pembelajaran dan mencapai kualitas pembelajaran yang tuntas. AbstractThe purpose of this study is to use the teams games tournament method to increase student learning activity in the learning process of ethnic and religious diversity in my country. The subject of this class action research is grade IV SD Negeri 59/IX Penyengat Olak. The data collection techniques of this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis was carried out using quantitative analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the use of the teams games tournament method can increase students' active learning in the learning process. Student learning activity in the first cycle is 61% and in the second cycle is 93%. The results of this study indicate that the use of the team games tournament method can increase student activity in the learning process and achieve complete learning quality.
 
Publisher Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor a person
 
Date 2021-11-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7581
10.21580/jieed.v1i2.7581
 
Source Journal of Integrated Elementary Education; Vol 1, No 2 (2021): September; 108-118
2776-1657
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7581/3608
 
Rights Copyright (c) 2021 Shalahudin dan Widiya Wati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/