Record Details

Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa

Journal of Integrated Elementary Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa
 
Creator Khasanah, Felakhah
Utami, Ratnasari Dyah
Hartati, Sri
 
Subject pembelajaran tematik, pembelajaran berbasis masalah, partisipasi siswa di kelas, pembentukan karakter siswa, thematic learning, problem-based learning, student participation in class, student character building
 
Description AbstrakKeterlibatan siswa Sekolah Dasar di dalam proses pembelajaran masih menghadapi berbagai permasalahan. Salah satunya adalah karena guru masih cenderung menjadi pusat atau aktor utama. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percarya diri peserta didik pada pembelajaran tematik materi energi melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Partisipan penelitian ini berjumlah 17 siswa Sekolah Dasar yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dimana data yang diperoleh dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi, sikap percaya diri dan aktif di dalam proses pembelajaran.AbstractThe involvement of elementary school students in the learning process still faces various problems. One of them is because the teacher still tends to be the center or the main actor. This classroom action research aims to improve learning outcomes and students' self-confidence in the thematic learning of energy materials through the application of problem-based learning strategies. The participants of this study were 17 elementary school students consisting of 6 boys and 11 girls. This classroom action research was carried out in two learning cycles. The data collection techniques used were observation and tests, where the data obtained were analyzed quantitatively and qualitatively. The results of this study indicate that problem-based learning can improve student learning outcomes in terms of energy, self-confidence and activeness in the learning process.
 
Publisher Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-11-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/9220
10.21580/jieed.v1i2.9220
 
Source Journal of Integrated Elementary Education; Vol 1, No 2 (2021): September; 98-107
2776-1657
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/9220/3612
 
Rights Copyright (c) 2021 Felakhah Khasanah, Ratnasari Dyah Utami, Sri Hartati
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/