Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air
Journal of Integrated Elementary Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air
|
|
Creator |
Nisaa', Fitriana Khoirun
Adriyani, Zuanita |
|
Subject |
Pop-up book, Pembelajaran Konsep Siklus Air, media visual, teaching water cycle concept
|
|
Description |
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah penggunaan media pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah yang masih kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep siklus air, dan respons siswa terhadap penggunaan pop-up book. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah Kelas V Sift 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas V Sift 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan rumus korelasi biserial memperoleh hasil rbis (0,711171) lebih dari r-tabel (0,32) untuk taraf signifikan 5% maka H0 ditolak, Ha diterima. Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep siklus air adalah sebesar 50,41%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Respon siswa terhadap penggunaan pop-up book adalah sebesar 88,26%, yaitu berada pada kategori sangat baik. AbstractThis research is motivated by the problem of using learning media in Madrasah Ibtidaiyah which is still less varied. This study aims to determine the effect of using pop-up book media on student learning outcomes on the water cycle concept material, and student responses to the use of pop-up books. This research method is quasi-experimental. The sample of this research is Class V Shift 1 as the experimental class and class V Shift 2 as the control class. The results of data analysis using the biserial correlation formula obtained the results of rbis (0.71171) greater than rtable (0.32) for a significant level of 5%, then H0 was rejected, Ha was accepted. The effect of using pop-up book media on student learning outcomes on the water cycle concept material is 50.41%, and the rest is influenced by other variables. Student response to the use of pop-up books is 88.26%, which is in the very good category.
|
|
Publisher |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
Fitriana Khoirun Nisaa’1, Zuanita Adriyani2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universits Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Date |
2021-11-06
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/8238
10.21580/jieed.v1i2.8238 |
|
Source |
Journal of Integrated Elementary Education; Vol 1, No 2 (2021): September; 89-97
2776-1657 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/8238/3611
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Fitriana Khoirun Nisaa’ dan Zuanita Adriyani
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|