Pengaruh Film Animasi Upin dan Ipin Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Journal of Integrated Elementary Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Pengaruh Film Animasi Upin dan Ipin Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Madrasah Ibtidaiyah
|
|
Creator |
Wafiqni, Nafia
Alycia, Arizka |
|
Subject |
Upin & Ipin, Karakter Gotong Royong.
|
|
Description |
Abstrak Bahasa IndonesiaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh film animasi Upin dan Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode Survei. Alat pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan foto dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, dan koefisien determinasi. Setelah melalukan perhitungan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) ialah 0,005 yang berarti bahwa pengaruh film animasi Upin Ipin dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI Miftahul Falah hanya 0,5 persen. Hasil uji t-hitung lebih kecil dari t-tabel (0,487 lebih kecil dari 2,021). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa film animasi Upin Ipin tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam menguatkan karakter gotong royong siswa kelas V MI miftahul Falah. Abstract in EnglishThis study aims to determine all the major influences of the animated film Upin Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students. The quantitative research approach used was the survey method. Collecting data using questionnaires and photo documentation. The data analysis used descriptive analysis, classical assumption test, simple regression analysis, and the coefficient of determination. After calculating the coefficient of determination (R2) is 0.005, which means that the effect of the animated film Upin Ipin in strengthening the character of mutual cooperation among class V students of MI Miftahul Falah is only 0.5 percent. The result of t-count smaller than t-table (0.487 lebih kecil dari 2.021). It can be shown that the animated film Upin Ipin does not have a significant effect in strengthening the character of mutual cooperation among class V MI miftahul Falah students.
|
|
Publisher |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-03-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7836
10.21580/jieed.v1i1.7836 |
|
Source |
Journal of Integrated Elementary Education; Vol 1, No 1 (2021): Maret; 18-27
2776-1657 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7836/3198
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Nafia Wafiqni, Arizka Alycia
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|