Record Details

Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah

Journal of Integrated Elementary Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Analisis Kesiapan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah
 
Creator Dhari, Putri Wulan
Wajnah, Wajnah
Susanti, Nova
 
Subject readiness of teacher, thematic learning, scientific approach, teaching and learning at Islamic elementary school, kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah, pembelajaran tematik, pembelajaran saintifik, pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah
 
Description AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjabarkan kesiapan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam melaksanakan pembelaran tematik berdasarkan standar yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Aceh Tengah. Data penelitian ini telah diuji keabsahannya menggunakan triangulasi data dan member check, dan dianalisis melalui tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) sebagian guru yang telah memahami konsep pembelajaran tematik tidak dapat menearapkan pembelajaran tematik; 2) guru telah mampu menyusun rencana pembelajaran tematik dengan baik; 3) guru melaksanakan kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan RPP yang disusunnya, 4) dan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran tematik kurang bervariasi, dan 5) guru kurang terampil dalam menyusun rubrik penilaian autentik. Kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik adalah; 1) kondisi sarana belajar yang tidak memadai; 2) sumber belajar dan media yang digunakannya masih sangat terbatas, 3) kesulitan dalam menyusun rubrik penilaian sikap; dan 4) guru kesulitan dalam menguraikan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik. AbstractThis study aims to analyze and describe the readiness of Madrasah Ibtidaiyah teachers in carrying out thematic learning based on applicable standards. This research uses descriptive qualitative method. The research subject is a teacher at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Central Aceh. The validity of this research data has been tested using data triangulation and member check, and analyzed through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study found that: 1) some teachers who had understood the concept of thematic learning were unable to apply thematic learning; 2) the teacher has been able to develop a thematic lesson plan well; 3) teachers carry out thematic learning activities in accordance with the RPP they have compiled, 4) and the methods and learning media used by teachers in thematic learning are less varied, and 5) teachers are less skilled in compiling authentic assessment rubrics. The difficulties of teachers in implementing thematic learning are; 1) conditions of inadequate learning facilities; 2) learning resources and media used are still very limited, 3) difficulties in compiling an attitude assessment rubric; and 4) the teacher has difficulty in describing learning activities that are in accordance with the scientific approach. 
 
Publisher Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
 
Contributor
 
Date 2021-11-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7749
10.21580/jieed.v1i2.7749
 
Source Journal of Integrated Elementary Education; Vol 1, No 2 (2021): September; 75-88
2776-1657
 
Language eng
 
Relation https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/7749/3609
 
Rights Copyright (c) 2021 Putri Wulan Dhari, Wajnah Wajnah, Nova Susanti
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/