Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
Journal of Integrated Elementary Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah
|
|
Creator |
Wati, Emy Eko
Purwanti, Kristi Liani |
|
Subject |
Tutup Botol, Pemahaman Konsep Perkalian, Sekolah Dasar
|
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dua bilangan pada Tema “Bermain di Lingkunganku” melalui penggunaan media tutup botol pada siswa kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khairat Kota Semarang. Hal yang mendasari peneliti melakukan penelitian ini adalah karena hasil belajar perkalian sebagai penjumlahan berulang pada sebagian besar peserta didik masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan media tutup botol dan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata ketercapaian dari 66% pada siklus 1 menjadi 97% pada siklus 2. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan tutup botol dengan menerapkan teori Bruner dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas 2 terhadap konsep perkalian dua bilangan sebesar 97%. In English: This study aims to improve understanding of the concept of multiplication of two numbers on the theme "Playing in My Environment" through bottle cap media for grade 2 students at Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Khairat Semarang. The thing that underlies the researchers doing this research is that the results of learning multiplication as repeated addition in most students are still below the Minimum Completeness Criteria (KKM). This research uses classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle includes planning, implementation, observation, evaluation, and reflection. The data collection technique used is the test. The results showed that the implementation of learning with bottle cap media and Bruner's theory could improve student learning outcomes with an average achievement of 66% in cycle 1 to 97% in cycle 2. So, using bottle caps by applying Bruner's theory can improve 2nd-grade students' understanding of the concept of multiplication of two numbers is 97%.
|
|
Publisher |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-31
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/10778
10.21580/jieed.v2i1.10778 |
|
Source |
Journal of Integrated Elementary Education; Vol 2, No 1 (2022): Maret; 29-42
2776-1657 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jieed/article/view/10778/3985
|
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Emy Eko Wati, Kristi Liani Purwanti
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|