Record Details

RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER

Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RELEVANSI PEMIKIRAN MAQASHID AL-SYARIAH JASSER AUDA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MULTIDISIPLINER
 
Creator Mutholingah, Siti
Zamzami, Muh. Rodhi
 
Subject Maqashid al syari’ah, Pendidikan Islam multidisipliner
 
Description Perkembangan zaman tentu memiliki dampak dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam, termasuk dalam konteks keilmuan Islam. Studi tentang tujuan mendasar dari hukum Islam (maqashid al-syariah) dan produk hukum Islam (fiqh) tentu akan semakin dibutuhkan dalam rangka memenuhi kebutuhan hukum Islam yang semakin dihadapkan dengan fenomena yang tidak terjadi pada saat Nabi, masa teman, periode tabi'iin, atau periode tabi'in tabi. Menurut beberapa ulama ushul dan ulama fiqih Islam dari era sekarang (kontemporer) menganggap bahwa ada beberapa maqashid al-syari'ah dan hukum Islam (fiqh) yang harus ditinjau karena mereka kurang relevan jika diimplementasikan dalam konteks kehidupan Muslim hari ini. Salah satu ulama ushul fikih kontemporer adalah Jasser Auda. Hal utama yang mendasari mengapa Jasser Auda ingin meninjau maqashid al-sharia klasik, menurut Jasser Auda maqashid al-sharia klasik yang mencakup hifdz al-diin, hifdz al-nafs, hifdz al-aql, hifdz al-nasl, dan hifdz al-maal, masih cenderung terlalu umum, individual dan tidak mengandung nilai universal seperti prinsip keadilan dan kebebasan.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Date 2018-10-08
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/183
10.32478/talimuna.v7i2.183
 
Source Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 7, No 2 (2018): edisi SEPTEMBER; 90-111
2085-2975
2085-2975
10.32478/talimuna.v7i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/183/151
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2018 journal TA'LIMUNA