MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG)
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK BIDANG NON AKADEMIK (STUDI KASUS DI MTs NEGERI 1 SAMPANG)
|
|
Creator |
Faridah, Siti
Darussallam, Darussalam |
|
Subject |
Manajemen Ekstrakurikuler; Prestasi Siswa Non Akademik
|
|
Description |
Penilitian ini memfokuskan kepada tiga poin utama yang sangat penting untuk dikaji lebih mendalam dalam tatanan manajemen ekstrakurikurikuler. pertama, Bagaimana perencanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Kedua, Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik; Ketiga, Bagaimana evaluasi ekstrakurikuler di MTs Negeri 1 sampang dalam upaya meningkatkan prestasi siswa non akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif dimana dalam penyajian datanya diformat dalam bentuk narasi yang berisi data-data yang didapat selama melakukan penelitian. Dalam tehnik pengumpulan data peneliti menggunakan tiga tehnik yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi sesuai dengan pedoman metodologi penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik siswa mencakup beberapa hal diantaranya adalah penyusunsn proker, perencanaan waktu, tempat, fasilitas, pembina bahkan biaya. Perencanaan yang disusun dengan baik sebagai upaya lembaga agar terwujudnya visi misi ekstrakurikuler. Kedua, Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler harus disesuaikan dengan sistem atau manajemen ekstrakurikuler yang sudah ditentukan. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler diharuskan tidak menganggu jalannya kegiatan intrakurikuler (kegiatan belajar mengajar didalam kelas) yang memang menjadi poin utama dalam sistem pendidikan nasional. Ketiga, bentuk evaluasi yang dilakukan menggunakan beberapa cara diantaranya adalah dengan menggunakan tes dan praktek dalam kegiatannya. Adapun dalam sistemnya akan direvisi kembali jika ada faktor yang menghambat tujuan madrasah dalam upaya meningkatkan prestasi non akademik.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-06-28
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/687
10.32478/talimuna.v10i1.687 |
|
Source |
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 10, No 1 (2021): edisi MARET; 84-114
2085-2975 2085-2975 10.32478/talimuna.v10i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/687/367
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/downloadSuppFile/687/123 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Siti Faridah, Darussalam Darussallam
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|