Record Details

PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA DI MI NEGERI PAJU PONOROGO

Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM: KONSEPSI DAN IMPLEMENTASINYA DI MI NEGERI PAJU PONOROGO
 
Creator Wahyudi, Ahmad
 
Subject
Pendidikan Islam, Madrasah, Multikulturalisme
 
Description Penelitian ini memfokuskan kajian kepada upaya madrasah dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik sebagai pengetahuan dan pengalaman yang harus dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian berkaitan dengan model pendidikan multikultural di lembaga madrasah menunjukkan bahwa: pertama dalam membangun pendidikan multikultural ialah adanya pandangan paradigmatik atas pendidikan multikultural. Kedua kurikulum yang menawarkan nilai-nilai multikultural untuk diimplementasikan. Ketiga budaya madrasah yang dikembangkan untuk menghargai ragam proses dalam pembelajaran di dalam dan luar kelas. implikasi dari pendidikan multikultural di lingkungan madrasah yang menunjukkan nilai-nilai multikulturalisme seperti: kerukunan, kebersamaan, dan persaudaraan.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-03-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/658
10.32478/piwulang.v3i2.658
 
Source Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET; 123-142
2622-5654
2622-5638
10.32478/piwulang.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/658/343
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 Ahmad Wahyudi
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0