PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI
|
|
Creator |
Nurmalina, Dwi
|
|
Subject |
—
|
|
Description |
AbstrakPluralisme menjadi persoalan penting karena mempunyai andil dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam di jalur formal khususnya di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganalisa tentang kurikulum, nilai-nilai dasar dari pluralisme serta tujuan pendidikan Pluralisme di SD/MI yaitu sebagai asumsi dasar sekaligus dalam merumuskan jawaban dalam penelitian tersebut, dengan menggunakan metode kajian studi pustaka atau library research berbentuk artikel dan jurnal yang telah di publish. Hasil Penelitian ini yaitu agar mampu menciptakan tatanan pendidikan pluralisme dalam pendidikan islam SD/MI dengan harapan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari yaitu dengan damai, harmonis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan mampu beradaptasi dengan berbagai golongan yang berbeda namun tidak terlepas dari akar budaya, agama, dan jati dirinya sehingga segala pengaruh negatif dari perubahan zaman dapat diantisipasi peserta didik dengan lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pluralisme, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/872
10.32478/talimuna.v11i1.872 |
|
Source |
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 11, No 1 (2022): MARET 2022; 59-68
2085-2975 2085-2975 10.32478/talimuna.v11i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/872/471
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Dwi Nurmalina
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|