Record Details

PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI

Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PLURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI SD/MI
 
Creator Nurmalina, Dwi
 
Subject
 
Description AbstrakPluralisme menjadi persoalan penting karena mempunyai andil dalam mengembangkan dunia pendidikan Islam di jalur formal khususnya di SD/MI. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji serta menganalisa tentang kurikulum, nilai-nilai dasar dari pluralisme serta tujuan pendidikan Pluralisme di SD/MI yaitu sebagai asumsi dasar sekaligus dalam merumuskan jawaban dalam penelitian tersebut, dengan menggunakan metode kajian studi pustaka atau library research berbentuk artikel dan jurnal yang telah di publish. Hasil Penelitian ini yaitu agar mampu menciptakan tatanan pendidikan pluralisme dalam pendidikan islam SD/MI dengan harapan peserta didik dapat menerapkannya dalam kehidupannya sehari-hari yaitu dengan damai, harmonis, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan mampu beradaptasi dengan berbagai golongan yang berbeda namun tidak terlepas dari akar budaya, agama, dan jati dirinya sehingga segala pengaruh negatif dari perubahan zaman dapat diantisipasi peserta didik dengan lebih baik. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pluralisme, Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2022-03-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/872
10.32478/talimuna.v11i1.872
 
Source Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 11, No 1 (2022): MARET 2022; 59-68
2085-2975
2085-2975
10.32478/talimuna.v11i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/872/471
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2022 Dwi Nurmalina
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/