RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
RELEVANSI PENDIDIKAN ISLAM AL-GHAZALI TERHADAP GROWTH MINDSET GENERASI Z PADA MASA COVID-19
|
|
Creator |
Budiarti, Erlita
|
|
Subject |
—
|
|
Description |
ABSTRAK. Fenomena corona virus disease (Covid-19) telah mengubah produktivitas keseharian masyarakat dengan pola pelaksanaan dalam jaringan (Daring), Penularan virus berdampak pada aktivitas pembelajaran mengharuskan jutaan pelajar tidak terkecuali Indonesia melaksanakan pembelajaran secara e-learning, sehingga banyak pelajar tertekan, tidak percaya diri hingga ketakutan selama masa covid-19, sebab mengalami culture shock terhadap pembelajaran online yang belum pernah terjadi digolongan pelajar sebelumnya. Padahal pendidikan merupakan ukuran keberhasilan pelajar dalam menghadapi tantangan pada masa covid-19, oleh sebab itu peneliti ingin mengkaji pendidikan islam berdasarkan filosofi Al-Ghazali dari segi implementasi serta orisinalitas yang melampaui jaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan relevansi pendidikan islam yang memuat filosofi Al-Ghazali terhadap Growth Mindset para millennial dari adanya kejadian pandemi covid-19, adapun fokus permasalahan pada penelitian ini adalah sebagaimana menjawab permasalahan saat pembelajaran pada masa covid-19 tentunya ditemukan rumusan terbaru guna mencapai Growth Mindset yang optimal. metode yang digunakan peneliti adalah studi pustaka yaitu penelitian yang menggunakan penelusuran berupa buku, jurnal dan artikel yang mendukung adanya hasil penelitian, dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan wawancara semi-struktur berdasarkan daftar pertanyaan yang disusun lalu wawancara tersebut dikembangkan berdasarkan literatur yang terkait. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan islam filosofi Al- Ghazali menekankan pada pendidikan agama serta pembentukan akhlak dengan pengembangan kebahagiaan dunia dan akhirat tanpa mengabaikan kebaikan dunia sebagai sarana mencapai tujuan kebahagiaan akhirat. Konsep ini, sejalan dengan Growth Mindset karena dalam proses pembelajaran selama peristiwa covid-19 dibutuhkan penguasaan keterampilan diri yang islami dengan pembinaan personalitas berpikir positif. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa peristiwa covid-19 telah memunculkan inovasi terbaru dalam dunia pendidikan secara eksplisit dan implisit yang telah dirancang dalam pendidikan islam sehingga berpengaruh pada Growth Mindset.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2022-03-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/826
10.32478/talimuna.v11i1.826 |
|
Source |
Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 11, No 1 (2022): MARET 2022; 1-10
2085-2975 2085-2975 10.32478/talimuna.v11i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/826/466
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2022 Erlita Budiarti
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ |
|