Record Details

TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan

Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TEORI DAN MODEL PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Telaah Historis Epistemologis - Model Pendidikan Sejak Zaman Hindu Sampai Kemerdekaan
 
Creator Malik Masyhuri, Imam
 
Subject Model Pendidikan, Kepemimpinan, Sejarah
 
Description Secara epistemologis model pendidikan di Indonesia di bangun melalui tahapan setapak demi setapak. Model pendidikan paling awal diperkenalkan di Indonesia adalah model per-cantrik-an, model ini menempatkan pendidik (resi, master, ustadz) sebagai guru sekaligus pemimpin spiritual secara individu. Kedua, model pendidikan dalam bentuk padhepokan atau biara, model ini mendapat inspirasi model guru-kula dari India, dalam model ini kepemimpinan pendidikan mulai bersifat kelembagaan. Ketiga, model pendidikan pesantren,  model ini mendapat inspirasi model persaudaraan Sufi, Kuttab, Ribat, dan Hankah yang dikombinasi dengan model pendidikan guru-kula yang diberi corak ke-Islam-an, pendidikan tidak hanya bersifat profan, melainkan juga sakral. Keempat, model persekolahan (schooling system), model ini dibawa ke Indonesia oleh kolonialis Belanda, model ini mengacu pada  desakralisasi peran pimpinan lembaga pendidikan. Kelima, model madrasah, model ini merupakan kombinasi antara model sekolah umum dengan model pesantren,  jadi pelajarannya adalah materi umum yang bermuatan nilai-nilai agama Islam.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-08-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/143
10.32478/ta.v2i2.143
 
Source Ta`Limuna: Jurnal Pendidikan Islam; Vol 2, No 2 (2013): edisi SEPTEMBER; 136-153
2085-2975
2085-2975
10.32478/ta.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/talimuna/article/view/143/131
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2018 journal TA'LIMUNA