Record Details

TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]

Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL QUR’AN [Kajian Surah Al-Hujurat Ayat 11-13 Tafsir Al- Munir Karya Wahbah Al-Zuhaili]
 
Creator Muna, Muhamad Khusnul
Subekti, M. Yusuf Agung
 
Subject Nilai Toleransi, Al-Qur’an, Wahbah Zuhaili, Tujuan Pendidikan Islam
 
Description This study aims to determine the values of tolerance contained in Surah Al-Hujurat verses 11-13 in the Interpretation of Tafsir Al-Munir by Wahbah Zuhaili and how relevant it is to the objectives of Islamic education. This research is library research with primary data source Tafsir Al-Munir's Aqidah wa al-Syari'ah wa al-Manhaj'. Data analysis using content analysis. The results of this study indicate that the religious tolerance values contained four aspects, namely the value of Humanity, plurality, the harmony of life and egalitarian / equality. The relevance of the objectives of Islamic education is to realize students who have the ability to control themselves, are able to maintain peace and harmony in internal and interfaith relations, have a noble personality, and have a commitment to practice their knowledge and skills for the benefit of themselves, society, and the nation-state. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai toleransi beragama yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 didalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah Zuhaili dan bagaimana relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan sumber data primer kitab Tafsir Al-Munir fil Aqidah wa al-Syari’ah wa al-Manhaj karya Prof. Wahbah Musthofa Al-Zuhaili. Analisis data menggunakan metode analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam Surah Al-Hujurat ayat 11-13 meliputi empat aspek, yaitu nilai Kemanusiaan, pluralitas, keharmonisan Hidup dan egaliter/kesetaraan. Adapun relevansinya terhadap tujuan pendidikan Islam adalah mewujudkan peserta didik yang memiliki kemampuan mengendalikan diri, mampu menjaga perdamaian dan kerukunan memiliki kepribadian yang mulia, serta memiliki komitmen mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya bagi kepentingan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/376
10.32478/piwulang.v2i2.376
 
Source Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): edisi MARET; 167-189
2622-5654
2622-5638
10.32478/piwulang.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/376/256
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Muhamad Khusnul Muna, M. Yusuf Agung Subekti
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0