KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR
|
|
Creator |
RIF’AN, ALI
AZIZI, NOER |
|
Subject |
Kompetensi Kepribadian Guru & Murid, Inreraksi Edukatif, Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari
|
|
Description |
This research is related to how the personal competence of Teachers and Students in the Educational Perspective Interaction of KH. Hasyim Ash'ari contained in the book Adabul Alim was Al-muta’allim. This research is in the form of library research with the content analysis used as an analysis tool. The results of the analysis of the authors that the personal competence of teachers and students in the educational interaction perspective KH. Hasyim Ash'ari is an intense and close attachment not only in the sense of being born but also inwardly (alaqah batiniyah) based on religious-ethic for the success of the teaching and learning process. There are several interaction patterns that can be developed to create educational interactions between teacher and student perspectives KH. Hasyim Ash'ari, among them, are Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.ABSTRAKPenelitian ini terkait dengan bagaimana kompetensi kepibadian Guru dan Murud dalam Interaksi Edukatif Perspektif KH. Hasyim Asy’ari yang tertuang dalam kitab Adabul Alim wa Al-muta’allim. Penelitian ini berbentuk library research dengan content analysis dijadikan sebagai alat analisisnya. Hasil dari analaisis penulis bahwa kompetensi kepribadian Guru dan Murid dalam interaksi edukatif perspektif KH. Hasyim Asy’ari adalah adanya keterikatan secara intens dan erat tidak hanya dalam artian secara lahir, akan tetapi juga secara batin (alaqah batiniyah) yang dilandasi religios-etich untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Ada beberapa pola interaksi yang bisa dikembangkan untuk menciptakan interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari, diantaranya adalah: Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-03-30
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/375
10.32478/piwulang.v2i2.375 |
|
Source |
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): edisi MARET; 144-166
2622-5654 2622-5638 10.32478/piwulang.v2i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/375/255
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 ALI RIF’AN, NOER AZIZI
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|