Record Details

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR

Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN MURID DALAM INTERAKSI EDUKATIF PERSPEKTIF HADRATUSYAIKH KH. HASYIM ASY’AR
 
Creator RIF’AN, ALI
AZIZI, NOER
 
Subject Kompetensi Kepribadian Guru & Murid, Inreraksi Edukatif, Hadratusyaikh Hasyim Asy’ari
 
Description This research is related to how the personal competence of Teachers and Students in the Educational Perspective Interaction of KH. Hasyim Ash'ari contained in the book Adabul Alim was Al-muta’allim. This research is in the form of library research with the content analysis used as an analysis tool. The results of the analysis of the authors that the personal competence of teachers and students in the educational interaction perspective KH. Hasyim Ash'ari is an intense and close attachment not only in the sense of being born but also inwardly (alaqah batiniyah) based on religious-ethic for the success of the teaching and learning process. There are several interaction patterns that can be developed to create educational interactions between teacher and student perspectives KH. Hasyim Ash'ari, among them, are Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.ABSTRAKPenelitian ini terkait dengan bagaimana kompetensi kepibadian Guru dan Murud dalam Interaksi Edukatif Perspektif KH. Hasyim Asy’ari yang tertuang dalam kitab Adabul Alim wa Al-muta’allim. Penelitian ini berbentuk library research dengan content analysis dijadikan sebagai alat analisisnya. Hasil dari analaisis penulis bahwa kompetensi kepribadian Guru dan Murid dalam interaksi edukatif perspektif KH. Hasyim Asy’ari adalah adanya keterikatan secara intens dan erat tidak hanya dalam artian secara lahir, akan tetapi juga secara batin (alaqah batiniyah) yang dilandasi religios-etich untuk keberhasilan proses belajar mengajar. Ada beberapa pola interaksi yang bisa dikembangkan untuk menciptakan interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif  KH. Hasyim Asy’ari, diantaranya adalah: Tazkiyatun nafs, al-Ikhlas, at-Tarahum, at-Tawadud.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-03-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/375
10.32478/piwulang.v2i2.375
 
Source Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 2, No 2 (2020): edisi MARET; 144-166
2622-5654
2622-5638
10.32478/piwulang.v2i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/375/255
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 ALI RIF’AN, NOER AZIZI
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0