Record Details

RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA

Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA
 
Creator Mutamakin, Mutamakin
Agung Subekti, M. Yusuf
 
Subject
Ibn Khaldun, Muqaddimah, Kurikulum Pendidikan Guru
 
Description Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-03-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/659
10.32478/piwulang.v3i2.659
 
Source Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET; 157-172
2622-5654
2622-5638
10.32478/piwulang.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/659/344
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 Mutamakin Mutamakin, M. Yusuf Agung Subekti
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0