RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBN KHALDUN DI INDONESIA
|
|
Creator |
Mutamakin, Mutamakin
Agung Subekti, M. Yusuf |
|
Subject |
—
Ibn Khaldun, Muqaddimah, Kurikulum Pendidikan Guru |
|
Description |
Ibn Khaldun adalah seorang sarjana Muslim yang lahir di Tunisia, Afrika Utara, pada tahun 1332M. Kontribusi Ibn Khaldun terhadap pemahaman peradaban dan sosiologi begitu kaya dan penting sehingga masih relevan hingga saat ini. Tulisan ini berupaya mengeksplorasi karya Ibn Khaldun khususnya ide-idenya tentang pendidikan dalam kitab Muqaddimah dan kemudian menyelidiki sejauh mana relevansi kontemporernya, khususnya dalam kurikulum program pendidikan guru di Indonesia. Ibn Khaldun memberikan pembahasan panjang dan rinci tentang konsep pendidikan dan paedagogi dalam Bab Enam Muqaddimah. Klasifikasi ilmunya menjadi pedoman bagi berbagai ilmu yang ada saat itu. Dia juga memberikan pandangannya tentang masalah pengajaran dan pembelajaran. Bagian terakhir dari makalah ini melihat sifat kurikulum dalam program pendidikan guru saat ini dan mempertimbangkan pengembangan pendekatan yang lebih inklusif.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-03-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/659
10.32478/piwulang.v3i2.659 |
|
Source |
Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3, No 2 (2021): edisi MARET; 157-172
2622-5654 2622-5638 10.32478/piwulang.v3i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/piwulang/article/view/659/344
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Mutamakin Mutamakin, M. Yusuf Agung Subekti
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|