Record Details

TASAWUF DAN HEDONISME MODERN Aktualisasi Nilai-nilai Tasawuf Modern dan Tasawuf Transformatif dalam Pengembangan Pendidikan Karakter

Journal Islamic Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TASAWUF DAN HEDONISME MODERN Aktualisasi Nilai-nilai Tasawuf Modern dan Tasawuf Transformatif dalam Pengembangan Pendidikan Karakter
 
Creator Dannur, Moh.
 
Subject
 
Description Menelaah gejala masyarakat modern dengan kompleksitas problematika didalamnya mengantarkan pada kesadaran pada urgensi nilai-nilai spiritual dalam tatanan kehidupan. Gerakan new age menjadi referentasi nyata bahwa kehidupan modern tidak mampu menjawab semua kehidupan masyarakat modern. Gejala terjadinya dehumanisasi menuntut pendidikan Islam untuk mengambil peran dengan menghadirkan prespektif baru dalam pengembangan pendidikan karakter. Tulisan ini hendak menelaah aktulaisasi nilai spiritual tasawuf Modern dan kontemporer sebagai basis pendidikan karakter. Tasawuf dituntut untuk beradaptasi dengan kebutuhan masyarakat modern yang heterogen.  Proses adaptasi membutuhkan beberapa langkah. Yakni; konten yang mampu menjawab tantangan globalisasi, pengembangan wawasan Lembaga pendidikan, upgrading SDM guru, variasi metode pembelajaran akhlaq, pendidikan Akhlaq yang memperhatikan aspek keragaman,  pembelajaran seharusnya memperhatikan ranah kognitif, psikomotorik dan afektif siswa secara bersamaan, melibatkan masyarakat dalam proses pendidikan Akhlak
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-10-05
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/804
 
Source Journal Islamic Studies; Vol 2, No 1 (2021): edisi JUNI; 1-19
2808-0378
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/804/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 Journal Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0