KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PRESPEKTIF KH. TAUFIQUL HAKIM (ANALISIS KITAB IRSYADUL MUALLIMIN)
Journal Islamic Studies
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PRESPEKTIF KH. TAUFIQUL HAKIM (ANALISIS KITAB IRSYADUL MUALLIMIN)
|
|
Creator |
Tilmidzi, Saknu
|
|
Subject |
—
|
|
Description |
Pendidikan menjadi kebutuhan utama dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, dimana perkembangan suatu negara diukur dari seberapa berhasil mereka mengembangkan sumber daya manusianya melalui pendidikan. Sehingga perlu adanya peningkatan dalam pengembangan sistem pendidikan khususnya sember daya manusia pendidikan yang merupakan seorang guru. Peneliti mendapati dalam kitab Irsyadul Muallimin karya KH. Taufiqul Hakim ada beberapa kepribadian yang harus dimiliki guru apabila guru diantaranya; Proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa. Bersikap adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, berdisiplin, menghargai siswa, tulus/ikhlas, berfikir positif, pemaaf, dan demokratis. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka murni. Adapun hasil temuan penelitiannya bahwa Kepribadian-kepribadian ini kebanyakan berkaitan langsung dengan interaksi guru dan peserta didik. Kompetensi kepribadian ini menjadi landasan utama untuk seluruh kompetensi-kompetensi guru yang lainnya. Oleh karena itu guru dikatakan profesional apabila di dalam dirinnya melekat kompetensi kepribadian guru.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-10-01
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/780
|
|
Source |
Journal Islamic Studies; Vol 1, No 1 (2020): edisi JUNI; 47-73
2808-0378 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/780/pdf
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Journal Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|