Record Details

KAJIAN PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL

Journal Islamic Studies

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KAJIAN PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN FORMAL DAN NON-FORMAL
 
Creator Arifin, Zainul
 
Subject
 
Description Progam tahfidz Al-Qur’an mempunyai peran penting dalam upaya mengembangkan pendidikan agama Islam, baik itu proses dalam pendidikan formal seperti di sekolah, non formal seperti di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) maupun pondok pesantren. Para akademisi dan spesialis sependapat bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki efek yang baik dalam pengembangan keterampilan dasar pada siswa, serta dapat meningkatkan pendidikan dan prestasi akademis. Dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran program tahfidz Qur’an pada sekolah formal di MA Daarul Huda. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang mendeskripsikan perilaku orang, peristiwa atau tempat tertentu secara rinci dan mendalam. Hasil dari artikel ini Proses pembelajaran program tahfidz Qur’an pada sekolah formal di MA Daarul Huda MA Daarul Huda dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran intensif antara guru dengan peserta didik. Melalui pembimbingan dalam menghafal diharapkan peserta didik mampu meningkatkan intensitas dalam menghafal Al-Quran.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-06-27
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/810
 
Source Journal Islamic Studies; Vol 1, No 1 (2020): edisi JUNI; 113-125
2808-0378
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/jis/article/view/810/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 Journal Islamic Studies
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0