Record Details

Kajian Persepsi Anggota Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Di Kabupaten Kediri Terhadap Aspek Reproduksi Sapi

Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Kajian Persepsi Anggota Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Di Kabupaten Kediri Terhadap Aspek Reproduksi Sapi
Kajian Persepsi Anggota Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) Di Kabupaten Kediri Terhadap Aspek Reproduksi Sapi
 
Creator Rudiono, Didik
Hibrida, A.R.
Mardani, R.D.
Dwijayanti, F.S.
 
Description Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) merupakan sistem pemberdayaan peternak yang dibina oleh perguruan tinggi dengan tujuan untuk mewujudkan peternak berjamaah, mandiri, dan berdaulat. SPR diinisiasi oleh IPB dan ditindaklanjuti oleh UNISKA. Penelitian bertujuan mengkaji persepsi anggota SPR binaan UNISKA terhadap aspek reproduksi sapi.Penelitian merupakan quasi eksperimen menggunakan 3 (tiga) SPR sebagai perlakuan; yaitu: P1: SPR Mojo; P2: SPR Kandat; dan P3: SPR Plosoklaten.  Analisis menggunakan RAL dengan ulangan tidak sama.  Bila uji F nyata maka dilakukan uji lanjut dengan LSD. Data berupa data kualitatif dan diperoleh melalui survey dengan kuesioner tertutup. Parameter reproduksi yang diamati meliputi: siklus berahi, tanda berahi, saat mulai berahi, arti penting berahi, kawin suntik (IB), cara pengawinan betina, pengecekan identitas straw, pelaku IB, pemilihan straw dalam IB, saat tepat untuk IB, saat terlambat untuk IB, teknis pelaksanaan IB, skor S/C, penggunaan pejantan, pemilihan pejantan pemacek, tanda sapi bunting muda, tanda sapi bunting tua, tanda sapi akan beranak, dan jarak beranak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antarSPR dengan latar belakang kultur berbeda sehingga diduga menghasilkan kinerja yang berbeda.  Disarankan untuk melakukan adopsi dan adaptasi kelebihan dari setiap kultur SPR untuk meningkatkan kinerja setiap SPR; dan pada saat yang sama mengeleminir kelemahan dari setiap SPR.
Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) merupakan sistem pemberdayaan peternak yang dibina oleh perguruan tinggi dengan tujuan untuk mewujudkan peternak berjamaah, mandiri, dan berdaulat. SPR diinisiasi oleh IPB dan ditindaklanjuti oleh UNISKA. Penelitian bertujuan mengkaji persepsi anggota SPR binaan UNISKA terhadap aspek reproduksi sapi.Penelitian merupakan quasi eksperimen menggunakan 3 (tiga) SPR sebagai perlakuan; yaitu: P1: SPR Mojo; P2: SPR Kandat; dan P3: SPR Plosoklaten.  Analisis menggunakan RAL dengan ulangan tidak sama.  Bila uji F nyata maka dilakukan uji lanjut dengan LSD. Data berupa data kualitatif dan diperoleh melalui survey dengan kuesioner tertutup. Parameter reproduksi yang diamati meliputi: siklus berahi, tanda berahi, saat mulai berahi, arti penting berahi, kawin suntik (IB), cara pengawinan betina, pengecekan identitas straw, pelaku IB, pemilihan straw dalam IB, saat tepat untuk IB, saat terlambat untuk IB, teknis pelaksanaan IB, skor S/C, penggunaan pejantan, pemilihan pejantan pemacek, tanda sapi bunting muda, tanda sapi bunting tua, tanda sapi akan beranak, dan jarak beranak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi antarSPR dengan latar belakang kultur berbeda sehingga diduga menghasilkan kinerja yang berbeda.  Disarankan untuk melakukan adopsi dan adaptasi kelebihan dari setiap kultur SPR untuk meningkatkan kinerja setiap SPR; dan pada saat yang sama mengeleminir kelemahan dari setiap SPR.
 
Publisher Universitas Islam Kadiri
 
Date 2021-10-13
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/2073
10.32503/fillia.v6i2.2073
 
Source Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia; Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia; 112-117
Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia; Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia; 112-117
2598-6325
2502-5597
10.32503/fillia.v6i2
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/FilliaCendekia/article/view/2073/1317
 
Rights Copyright (c) 2021 Didik Rudiono, A.R. Hibrida, R.D. Mardani, F.S. Dwijayanti
http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0