Peran Kepemimpinan Kyai dalam Manajemen Strategi Pendidikan Pesantren
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
Peran Kepemimpinan Kyai dalam Manajemen Strategi Pendidikan Pesantren
|
|
Creator |
Aini, Maulida Qurratul
|
|
Subject |
leadership
strategi manajemen, pendidikan pesantren |
|
Description |
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang pesantren yang merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat tertua di Indonesia. Sebab pesantren sangatlah penting peranannya dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan agama dan moral. Berdirinya pesantren di tengah-tengah masyarakat bukan hanya sebagai lembaga pendidikan, melainkan juga sebagai lembaga syiar agama. Eksistensi seorang kyai dalam sebuah pesantren menempati posisi yang central. Kyai merupakan titik pusat bagi pergerakan sebuah pesantren. Oleh karena itu peran kyai dalam pesantren yang cukup sangat baik untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai agama di tengah masyarakat, maka perlu sekali bagi organisasi pesantren untuk mengevolusi penataan organisasinya dengan menerapkan manajemen strategi dalam penerapan pola asuh dan pola pendidikan bagi para santri-santrinya. Hal ini diperlukan karena untuk menghadapi perkembangan masyarakat yang semakin modern khususnya perkembangan teknologi saat ini.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2020-07-04
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/mpi/article/view/445
10.32478/leadership.v1i2.445 |
|
Source |
Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2020): JUNI; 184-199
2715-0399 2721-7108 10.32478/leadership.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/mpi/article/view/445/pdf
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2020 Maulida Qurratul Aini
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|