Record Details

ANALISIS METODE ALTMAN Z-SCORE GUNA MEMPREDIKSI POTENSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN ADVERTISING, PRINTING DAN MEDIA YANG TERDAFTAR DI BEI

Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title ANALISIS METODE ALTMAN Z-SCORE GUNA MEMPREDIKSI POTENSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN ADVERTISING, PRINTING DAN MEDIA YANG TERDAFTAR DI BEI
 
Creator ., Arini
 
Description Metode yang digunakan untuk memprediksi kebangkrutan adalah dengan menggunakan metode Altman Z-Score modifikasi yang dapat digunakan untuk perusahaan jasa, perusahaan public dan perusahaan non publik. Model ini disebut sebagai model Altman modifikasi atau Z”-Score. Dimana variabel yang digunakan adalah berupa rasio keuangan perusahaan berdasarkan rasio keuangan Altman Z”-Score. Rasio keuangan tersebut adalah working capital to total assets (X1), retained earning to total assets (X2), earning before interest and taxes to total assets (X3), dan book value of equity to book value of debt (X4). Metode Altman pada penelitian ini dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut Z = 6,65 X1 + 3,26 X2 + 6,72 X3 + 1,05 X4. Berdasarkan metode Altman Z”-Score variabel (X) yang terdiri dari rasio-rasio keuangan berdasarkan metode Altman Z”-Score ­dapat memprediksi kebangkrutan perusahaan Advertising, Printing dan Media atau variabel (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil analisis prediksi kebangkrutan tahun 2012 - 2015 ada 5 (lima) perusahaan yang berada pada kategori sehat yakni PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk, PT. Fortune Indonesia Tbk, PT. Jasuindo Tiga Perkasa Tbk, PT. Media Nusantara Citra Tbk, dan PT. Tempo Inti Media Tbk.  Ada 2 (dua) perusahaan yang fluktuatif (perusahaan berada pada kategori yang berbeda-beda selama tahun 2012 – 2015) yakni PT. First Media Tbk dan PT. Visi Media Asia dan ada 2 (dua) perusahaan yang diprediksi mengalami kebangkrutan yaitu PT. Mahaka Media Tbk tahun 2012-2015 dengan nilai score : -0,22210, 0,80435, 1,62421 dan 0,10429, Z<1,1. PT. MNC Sky Vision Tbk tahun 2012 – 2015 dengan score : 1,57743, -0,11229, -0,24341 dan -5,21769, Z<1,1.
 
Publisher FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM KADIRI
 
Date 2019-08-06
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/561
 
Source Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi; Vol 6 No 3 (2018): Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi; 1-10
 
Language eng
 
Relation https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CendekiaAkuntansi/article/view/561/477
 
Rights Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi