Record Details

MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AHLU AL-SUNNAH WA AL-JAMAAH DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM JEMBER
 
Creator DWI WIDODO, ARI
 
Subject
Manajemen pembelajaran 'aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama'ah.
 
Description Ditengah munculnya berbagai aliran yang dinilai menyimpang dari mainstream, banyak cara yang dilakukan dalam rangka penguatan aqidah dan klarifikasi terhadap kritik, berbagai tuduhan bid‘ah, syirik, kafir yang kerap di alamatkan kepada penganut setia mazhab Abu al-Hasan al-Ash‘ari dan Abu Manshur al-Maturidi. Pondok pesantren Nurul Islam Jember, merupakan salah satu dari sekian banyak pesantren di Indonesia yang melakukan penguatan ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah terhadap para santrinya secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember. Adapun aspek yang akan diteliti yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian tentang manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah di pondok pesantren Nurul Islam Jember ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif-studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa proses perencanaan di PP. Nurul Islam Jember ini yang dimulai dari perumusan tujuan, proses kebijakan dan prosedur perencanaan, kesemuanya itu telah berjalan sesuai dengan teori dan konsep-konsep yang ada kecuali pada strategi pengorganisasian dan rekrutmen tenaga pendidiknya. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajarannya, semuanya bagus kecuali pada pengelolaan ruang kelas dan guru. Dan pada tahap evaluasi, ditinjau dari segi waktunya di pesantren ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu bulanan, tengah dan akhir semester. Dan ditinjau dari sisi bentuknya evaluasi ada dua macam, yaitu pertama berbentuk laporan capaian materi, kedua berbentuk ujian tulis.Kata kunci : Manajemen pembelajaran ‘aqidah ahlu al-sunnah wa al-jama‘ah.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-04-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/82
10.32478/evaluasi.v2i1.82
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 2, No 1 (2018): EVALUASI-edisi MARET; 332-349
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v2i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/82/60
 
Rights Copyright (c) 2018 EVALUASI