Record Details

Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Tata Kelola Pembiayaan Pendidikan di Pesantren Modern
 
Creator Wahyuni, Anisa
Hijaz, M Ihsan Alhusaeni
Irawan, Irawan
 
Subject Management, Islamic Education
Pembiayaan Pendidikan; Pondok Pesantren Modern
 
Description Tujuan penulisan kajian ini yaitu untuk mengungkap tata kelola pembiayaan di pondok pesantren modern berdasarkan filsafat empiris David Hume dan filsafat positif Auguste Comte. Lokasi kajian yaitu Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang Bogor. Metode kajian adalah filsafat empiris. Maksud dari kajian ini menggunakan filsafat empiris yaitu kajian ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai sumber dari pengetahuannya yaitu melalui pengamatan/observasi. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa tata kelola pembiayaan pendidikan di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami telah sesuai dengan standar lembaga pendidikan, semua bentuk pengecekan dan pelaporan sudah menggunakan kwitansi sebagai bukti yang valid. Monitoring dan evaluasi pengelolaan anggaran dilaksanakan oleh sekretaris yayasan dan disetujui oleh pimpinan yayasan. Faktor pendukung pembiayaan di Pesantren ini yaitu banyaknya donatur yang secara sukarela menghibahkan sebagian hartanya seperti mobil, gedung dan lain sebagainya sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya santri yang kehilangan kwitansi pembayaran spp. Pengelolaan pembiayaan di lembaga pendidikan islam merupakan salah satu hal yang penting, salah satu manfaatnya yaitu meningkatnya efektivitas serta efisiensi pengelolaan keuangan. Jika pengelolaan pembiayaannya tidak dikelola dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan yang substansial.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
 
Date 2021-03-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/544
10.32478/evaluasi.v5i1.544
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret; 19-48
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v5i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/544/pdf
 
Coverage Ummul Quro Islamic Boarding School


 
Rights Copyright (c) 2021 Anisa Wahyuni
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0