SASARAN PEMBENAHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
SASARAN PEMBENAHAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
|
|
Creator |
Rosidin, Mohamad
|
|
Subject |
—
Sasaran Pembenahan, Manajemen Pendidikan Islam, Komponen Insani, Komponen Non-Insani. |
|
Description |
Manajemen pendidikan Islam ikut bertanggung jawab dalam membenahi aneka problematika yang mendera pendidikan Islam melalui solusi yang sistematis, terutama menggunakan skema POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Tulisan ini membahas enam sasaran pokok pembenahan manajemen pendidikan Islam, mengingat problem tidak pernah absen dari keenamnya. Secara garis besar, keenam sasaran tersebut dipilah menjadi dua komponen, yaitu insani dan non-insani. Pada komponen insani, manajemen pendidikan Islam bertugas mengkreasi pendidik yang mampu memfungsikan dirinya sebagai leader sekaligus manager; serta mengkreasi peserta didik yang mampu membina dirinya sebagai orang pandai, bukan orang bodoh. Terkait komponen non-insani, manajemen pendidikan Islam menyasar tujuan pendidikan agar memadukan antara tujuan pragmatis dan idealis secara harmonis; mengusahakan realisasi kurikulum aktual yang mendekati bahkan melampaui kurikulum ideal; menciptakan metode pendidikan yang memadukan pendekatan student-oriented dengan teacher-oriented secara proporsional; serta menyelenggarakan evaluasi pendidikan yang ditujukan pada bakat maupun prestasi peserta didik.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-04-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/68
10.32478/evaluasi.v1i1.68 |
|
Source |
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET; 119-136
2615-2886 2580-3387 10.32478/evaluasi.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/68/47
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 EVALUASI
|
|