Record Details

STUDI EMPIRIS KUALITAS PELAYANAN MELALUI MODEL SERVQUAL (Service Quality) DAN IPA (Important Performance Analysis) PADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH STAIN GAJAH PUTIH ACEH

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title STUDI EMPIRIS KUALITAS PELAYANAN MELALUI MODEL SERVQUAL (Service Quality) DAN IPA (Important Performance Analysis) PADA MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH STAIN GAJAH PUTIH ACEH
 
Creator Fauzi, Farid
Ansor, Ansor
 
Subject Educational Management
Evaluation
 
Description Penelitian ini mengkaji kualitas pelayanan dengan menggunakan Model SERVQUAL dan IPA (Important Performance Analysis) pada Jurusan Tarbiyah STAIN Gajah Putih. Dimensi pelayanan yang digunakan yaitu : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan Model Sequential Explanatory, jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 1576 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling menggunakan Rumus Slovin dengan jumlah sampel berjumlah 94 mahasiswa. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga atribut layanan yang mempunyai kategori yang harus mendapatkan perhatian khusus, sembilan atribut layanan yang berkategori layanan yang baik tetapi mempunyai tingkat prioritas yang rendah, sepuluh atribut layanan yang berkategori atribut layanan yang mempunyai harapan dan persepsi yang rendah serta empat atribut layanan yang mempunyai kategori kinerja yang baik  dan telah melampui harapan dari para mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SERVQUAThis study examines the quality of service using the SERVQUAL and IPA Models (Important Performance Analysis) at the STAIN Gajah Putih Tarbiyah Department. The dimensions of the services used are: Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. The research approach used was Mix Method with Model Sequential Explanatory, the number of population in this study amounted to 1576 students with sampling techniques using Simple Random Sampling using Slovin Formula with a total sample of 94 students. The data used are primary data using a Likert Scale. Based on the results of the study there are three service attributes that have special attention categories, nine service categories that are categorized as good but have a low priority level, ten service attribute categories that have low expectations and perceptions and four service attributes has a good performance category and has exceeded the expectations of the students.Keywords : Service Quality, SERVQUAL And IPA
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2019-09-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/249
10.32478/evaluasi.v3i2.249
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 3, No 2 (2019): EVALUASI-Edisi SEPTEMBER; 183-208
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v3i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/249/pdf
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/downloadSuppFile/249/22
 
Coverage

student
 
Rights Copyright (c) 2019 Farid Fauzi, Ansor
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0