Record Details

SUPERVISI KLINIS

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title SUPERVISI KLINIS
 
Creator Nurcholiq, Mochamad
 
Subject SUPERVISI KLINIS
SUPERVISI, KLINIS
 
Description Pendekatan klinis atau supervisi klinis berasumsi bahwa proses belajar guru untuk berkembang selalu terkait dengan proses belajar guru sendiri yang bersifat invidual. Pendekatan klinis merupakan proses tatap muka antara supervisor dengan guru. Pertemuan ini membicarakan masalah mengajar dan yang berhubungan dengannya. Oleh karena itu dalam supervisi klinis supervisor dan guru berperan sebagai teman sejawat dalam memecahkan masalah-masalah pembelajaran. Untuk tipe guru yang berbeda-beda, maka pengawas harus membedakan juga jenis strategi supervisi klinis yang akan digunakan. Tipe guru yang profesional cocok digunakan strategi non-direktif, tipe guru tukang kritik dan guru yang sibuk bisa digunakan strategi kolaboratif. Sedangkan untuk guru yang tidak bermutu, pengawas diharapkan lebih bisa aktif dalam membimbing dan mengajari guru ini, sehingga strategi yang tepat adalah supervisi klinis langsung.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-04-09
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/62
10.32478/evaluasi.v1i1.62
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 1 (2017): EVALUASI-edisi MARET; 1-25
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/62/40
 
Rights Copyright (c) 2018 EVALUASI