PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA
|
|
Creator |
afista, yeyen
Sumbulah, Umi Hawari, Rifqi |
|
Subject |
manajemen pendidikan islam
Multkultural; Pendidikan Islam; Transformasi; Lembaga pendidikan Islam. |
|
Description |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan pendidikan multikultural dalam proses tranformasi lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah studi literatur melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) landasan pembangunan pendidikan multikultural terdiri atas landasan agama, historis, psikologis, sosiokultural dan geografis; (2) strategi pengembangan pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan Islam dapat ditempuh melalui dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Strategi pengembangan kuantitatif dengan program sosialisasi dan internalisasi melalui kegiatan keilmuan, program inovasi pendidikan multikultural, dan membangun budaya yang mengakomodir semangat dan nilai multikultural di lingkungan lembaga Islam. Sedangkan strategi pengembangan kualitatif adalah program studi intensif Al-Quran dan Sunnah Rosul, program revisi kurikulum, program diklat tenaga pendidik, dan program kearifan lokal.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2021-03-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/602
10.32478/evaluasi.v5i1.602 |
|
Source |
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 5, No 1 (2021): EVALUASI-Edisi Maret; 128-147
2615-2886 2580-3387 10.32478/evaluasi.v5i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/602/pdf
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2021 yeyen afista, Umi Sumbulah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 |
|