Record Details

TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title TELAAH MANAJEMEN KURIKULUM KHAS SEKOLAH RABBANI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MANDIRI SISWA
 
Creator Nabilah, Ebi
Erihadiana, Mohamad
 
Subject
Manajemen; Kurikulum Tajir; Ekonomi Mandiri
 
Description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kurikulum khas di suatu lembaga pendidikan dalam upaya meningkatkan perekonomian mandiri siswa. Manajemen yang terprogram dilakukan untuk mengoptimalkan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Termasuk sistem administrasi suatu program pembelajaran. Khususnya program kewirausahaan. Lokasi penelitian dilakukan di SD Rabbani Arcamanik. Kurikulum yang diterapkannya adalah kurikulum tajir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa manajemen kurikulum tajir terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan kurikulum melalui tahap sosialisasi dan pemodalan. Proses pelaksanaan melibatkan guru, siswa, orang tua dan bidang kurikulum. Sedangkan proses evaluasi dilakukan pada karakter kewirausahaan siswa, produk tajir dan budget control. Kurikulum tajir dapat meningkatkan ekonomi mandiri siswa. Ketika siswa memiliki tabungan dan mengikuti kegiatan sedekah recehan, maka dapat dikatakan bahwa siswa mandiri secara financial dan sejahtera secara spiritual.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2022-03-31
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/886
10.32478/evaluasi.v6i1.886
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 6, No 1 (2022): EVALUASI- Edisi Maret; 146-160
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v6i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/886/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2022 Ebi Nabilah
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0