Record Details

MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA PONDOK PESANTREN TAHFIZH AL-QUR’AN IMAM ASY-SYAATHIBY WAHDAH ISLAMIYAH TINGKAT ‘ULYA BOTTOBADDO
 
Creator Akbar, Muhammad
Aswar, Aswar
 
Subject manajemen
Pesantren, Peserta Didik, Hafizh, Manajemen, Wahdah Islamiyah
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat manajemen peserta didik di Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur’an Imam Asy Syaathiby Wahdah Islamiyah Tingkat ‘Ulya. Metode penelitian mengaplikasikan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menerapkan flow model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Wahdah Islamiyah tingkat ‘Ulya melakukan perencanaan dan penetapan jumlah peserta didik yang akan diterima serta melakukan penentuan program kegiatan bagi peserta didik. Faktor pendukung penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah besarnya minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di pondok pesantren, tenaga pengajarnya merupakan alumni universitas ternama dan favorit baik di dalam maupun luar negeri, promosi kegiatan dan program pondok pesatren yang berjalan dengan baik, besarnya sokongan dana dari para donatur (muhsinin), afiliasi dengan ormas Wahdah Islamiyah yang memiliki citra positif sebagai ormas yang memiliki pesantren dan sekolah yang cukup berkualitas. Faktor penghambat penyelenggaraan manajemen peserta didik adalah keterbatasan sarana dan prasarana khususnya ruang kelas dan asrama, tidak adanya bantuan operasional dari pemerintah, keterbatasan sumber daya manusia khususnya tenaga pengajar. Penelitian ini dapat berkontribusi secara khusus bagi manajemen penyelenggaraan peserta didik (santri) dalam institusi pendidikan Islam (pesantren).
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-09-04
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/451
10.32478/evaluasi.v4i2.451
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 4, No 2 (2020): Evaluasi-edisi September; 236-260
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v4i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/451/pdf
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/downloadSuppFile/451/68
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Muhammad Akbar, Aswar
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0