Record Details

PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO

Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO
 
Creator Podungge, Mariaty
 
Subject

 
Description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari penerapan disiplin terhadap pengembangan diri santri dalam bidang ekstrakurikuler. Pengembangan diri adalah kemampuan individu dalam mendidik dirinya sendiri dengan hal-hal yang baik, yang berpotensi untuk mendorong dirinya mengembangkan bakatnya.Penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dan psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan disiplin di pesantren Hubulo memiliki dampak positif terhadap pengembangan diri santri. Secaraumum penerapan disiplin di pesantren Hubulo belum mampu meningkatkan hasil yang baik dalam pengembangan diri santri. Hal ini terjadi karena penerapan disiplin di pesantren Hubulo tidak seimbang dengan waktu yang diperlukan untuk kegiatan pengembangan diri, sehingga tujuan dari pengembangan diri santri tidak tercapai dengan maksimal.Penerapan disiplin di pesantren Hubulo merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan santri dalam menjalani kehidupan sehari-hari di pesantren Hubulo. Penerapan disiplinbertujuan untuk menciptakan nuansa pembelajaran yang aman, nyaman dan kondusif.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2020-03-07
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/358
10.32478/evaluasi.v4i1.358
 
Source Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 4, No 1 (2020): Evaluasi- edisi Maret; 88-113
2615-2886
2580-3387
10.32478/evaluasi.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/358/pdf
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2020 Mariaty Podungge
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0