MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF NURCHOLISH MADJID
|
|
Creator |
Munir, Miftakhul
|
|
Subject |
—
Modernisasi Pendidikan Islam, Nurcholish Madjid |
|
Description |
Konsep awal Nurcholish Madjid dalam memodernisasi pendidikan berangkat dari sistem pendidikan Gontor sebagai model. Tetapi, lebih jauh lagi model pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid adalah untuk memadukan unsur keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan. Modernisasi pendidikan yang digagas Nurcholish Madjid pada dasarnya mengacu pada pertumbuhan metode berpikir filosofis, dan membangkitkan kembali etos keilmuan Islam yang pada masa klasik Islam telah memperhatikan hasil yang cukup gemilang. Sebagai landasan historis, modernisasi pendidikan berangkat pada penelaahan kembali kejayaan umat Islam pada masa klasik.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-04-09
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/73
10.32478/evaluasi.v1i2.73 |
|
Source |
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam; Vol 1, No 2 (2017): EVALUASI-edisi SEPTEMBER; 202-222
2615-2886 2580-3387 10.32478/evaluasi.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/evaluasi/article/view/73/52
|
|
Rights |
Copyright (c) 2017 EVALUASI
|
|