Record Details

Gender Equity-Based Educational Concept through Quranic Perspective-Based Children Education/Konsep Pendidikan Berkeadilan Gender Melalui Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an

Al-Mudarris: Journal Of Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title Gender Equity-Based Educational Concept through Quranic Perspective-Based Children Education/Konsep Pendidikan Berkeadilan Gender Melalui Pendidikan Anak Perspektif Al-Qur’an
 
Creator Wijaya, Subur
Arief, Armai
Hariyadi, Muhammad
 
Subject Pendidikan, gender, pendidikan anak
Pendidikan Anak, Keadilan, Gender
 
Description Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan relasi gender yang harmonis dibangun melalui pendidikan anak. Berdasarkan pengamatan, penelitian, dan pengetahuan penulis menunjukkan bahwa Pada prinsipnya lelaki dan perempuan memiliki kesempatan untuk meningkatan kapabalitas, kompetensi pengetahuan diantaranya dengan cara belajar pada jenjang pendidikan tinggi. Namun, pada tataran realitas masih banyak terjadi disparitas terkait kesempatan meraih pendidikan yang selayaknya bagi perempuan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengeksplorasi dan memeriksa data yang tersedia secara terstruktur dan mendalam. Jenis penelitian ini lebih menekankan menggunakan kepustakaan, kemudian analisis data dalam penelitian ini adalah mengunakan metode tafsi>r al-Maudhu>’i. Membangun pendidikan berkeadilan merupakan salah satu solusi dari terjadinya ketimpangan gender dalam pendidikan. Al-Qur’an menunjukkan isyarat kesetaraan dan keadilan antara lelaki dan perempuan sekalipun dalam makna yang terbatas, bahwa secara pandangan teologis semua manusia derajat kemanusiaannya sama di sisi Allah Swt, tidak ada perbedaan antara satu suku dengan yang lain. Tidak juga ada perbedaan pada nilai kemanusiaan antara lelaki dan seorang perempuan. Maka jika seluruh stake holder memiliki tujuan yang sama maka akan terwujud pendidikan yang terselenggara secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatis dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2021-04-30
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/655
10.32478/al-mudarris.v4i1.655
 
Source Al-Mudarris: Journal Of Education; Vol 4, No 1 (2021): edisi APRIL; 12-27
2620-4355
2620-5831
10.32478/al-mudarris.v4i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/655/pdf
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/downloadSuppFile/655/117
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Mudarris: Journal Of Education
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0