KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab TahrÄ«ru al-MaqÅl FÄ« AdÄbi Wa AhkÄmi Wa FawÄ’idu YahtÄju IlaihÄ MuË‹addibÅ« al-Aá¹fÄl)
Al-Mudarris: Journal Of Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab TahrÄ«ru al-MaqÅl FÄ« AdÄbi Wa AhkÄmi Wa FawÄ’idu YahtÄju IlaihÄ MuË‹addibÅ« al-Aá¹fÄl)
|
|
Creator |
Yulianto, Yulianto
|
|
Subject |
Pendidikan, Guru, Pengajaran
Konsep, Pendidikan anak, Ibnu Hajar al-Haitami |
|
Description |
Menurut Ibnu Hajar al-Haitami tujuan pendidikan anak-anak adalah merawat, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi peserta didik dalam memahami kitabulloh, berakhlak mulia, dan hidup mandiri. Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan tersebut Ibnu Hajar al-Haitami menulis sebuah kitab yang secara khusus mengulas seluk beluk tujuan pendidikan, aliran pendidikan, kompetensi pendidik, teknik pendidikan anak, biaya pendidikan, dan karakteristik lembaga pendidikan anak. Keenam komponen tersebut oleh Ibnu Hajar al-Haitami di ketengahkan dalam buku Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l. Ruang lingkup penelitian ini adalah enam aspek pendidikan yang termaktub dalam kitab Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?, menggunakan teknik penelitian deskriptifcontent anaylisis, jenis penelitian pustaka, dan memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l sedangkan data sekundernya adalah berbagai kitab yang membahas biografi Ibnu Hajar al-Haitami. Sedangkan prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap: pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan non material peserta didik; (2) aliran pendidikan anak menggunakan aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah teknik takzir; (4) kompetensi pendidik yang paling utama adalah kompetensi personal dan sosial; (5) pembiayan pendidikan dapat diperoleh dari tiga faktor: gaji, wakaf, dan hibbah; dan (6) lembaga pendidikan berupa maktab dan madrosah.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
—
|
|
Date |
2018-04-29
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/98
10.32478/al-mudarris.v1i1.98 |
|
Source |
Al-Mudarris: Journal Of Education; Vol 1, No 1 (2018): edisi APRIL; 39-54
2620-4355 2620-5831 10.32478/al-mudarris.v1i1 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/98/96
|
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2018 journal AL-MUDARRIS
|
|