Record Details

KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab Tahrīru al-Maqōl Fī Adābi Wa Ahkāmi Wa Fawā’idu Yahtāju Ilaihā Muˋaddibū al-Aṭfāl)

Al-Mudarris: Journal Of Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF IBNU HAJAR AL-HAITAMI (Ragam Eksplorasi Kitab TahrÄ«ru al-MaqÅl FÄ« AdÄbi Wa AhkÄmi Wa FawÄ’idu YahtÄju IlaihÄ MuË‹addibÅ« al-Aá¹­fÄl)
 
Creator Yulianto, Yulianto
 
Subject Pendidikan, Guru, Pengajaran
Konsep, Pendidikan anak, Ibnu Hajar al-Haitami
 
Description Menurut Ibnu Hajar al-Haitami tujuan pendidikan anak-anak adalah merawat, mengembangkan, dan memaksimalkan potensi peserta didik dalam memahami kitabulloh, berakhlak mulia, dan hidup mandiri. Dalam rangka memenuhi tujuan pendidikan tersebut Ibnu Hajar al-Haitami menulis sebuah kitab yang secara khusus mengulas seluk beluk tujuan pendidikan, aliran pendidikan, kompetensi pendidik, teknik pendidikan anak, biaya pendidikan, dan karakteristik lembaga pendidikan anak. Keenam komponen tersebut oleh Ibnu Hajar al-Haitami di ketengahkan dalam buku Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l. Ruang lingkup penelitian ini adalah enam aspek pendidikan yang termaktub dalam kitab Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?, menggunakan teknik penelitian deskriptifcontent anaylisis, jenis penelitian pustaka, dan memakai pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer adalah Tahr?ru al-Maq?l F? Ad?bi Wa Ahk?mi Wa Faw?idu Yaht?ju Ilaih? Mu?addib? al-A?f?l sedangkan data sekundernya adalah berbagai kitab yang membahas biografi Ibnu Hajar al-Haitami. Sedangkan prosedur penelitian dilakukan melalui tiga tahap: pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tujuan pendidikan anak i terpusat pada potensi materiall dan non material peserta didik; (2) aliran pendidikan anak menggunakan aliran agamis-konserfativ; (3) teknik pendidikan yang paling banyak menyita Ibnu Hajar adalah teknik takzir; (4) kompetensi pendidik yang paling utama adalah kompetensi personal dan sosial; (5) pembiayan pendidikan dapat diperoleh dari tiga faktor: gaji, wakaf, dan hibbah; dan (6) lembaga pendidikan berupa maktab dan madrosah.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-04-29
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/98
10.32478/al-mudarris.v1i1.98
 
Source Al-Mudarris: Journal Of Education; Vol 1, No 1 (2018): edisi APRIL; 39-54
2620-4355
2620-5831
10.32478/al-mudarris.v1i1
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/98/96
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2018 journal AL-MUDARRIS