Record Details

PENGENALAN ECO-LITERACY MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DARI SAMPAH DI SEKOLAH DASAR

Al-Mudarris: Journal Of Education

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGENALAN ECO-LITERACY MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DARI SAMPAH DI SEKOLAH DASAR
 
Creator nurlaili, shofiyatun
Supriatna, Nana
Sapriya, Sapriya
 
Subject pendidikan
sampah, lingkungan, sekolah dasar, eco-literacy, media pembelajaran
 
Description Rubbish is one of the biggest environmental problems in Indonesia. The rubbish is not only from households but also from the school environment. If left unchecked, it can cause various diseases that endanger human life. The amount of rubbish is caused by the ignorance of the community towards the environment. Therefore, it is necessary to have eco-literacy that must be inculcated since primary school age. Students who already have an attitude of concern for the environment will try to maintain a sustainable life. Eco-literacy is also needed to process the rubbish into an instructional media that will help the student to understand learning more easily. This study uses literature study methods from several journal articles, books, and other relevant sources. The result of the study shows that learning by instructional media from the rubbish recycling are more concerned about the surrounding environment and easier to understand the learning process in the classroom.Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang sangat besar di Indonesia. Sampah bukan hanya berasal dari rumah tangga tetapi juga dari lingkungan sekolah. Jika sampah ini dibiarkan, maka hal itu dapat menyebabkan penyakit. Banyaknya sampah ini juga disebabkan oleh ketidakpedulian masyarakat terhadap lingkungan. Oleh karena itu, eco-literacy harus ditanamkan sejak usia sekolah dasar. Siswa yang sudah memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan, mereka akan berusaha untuk menjaga kehidupan berkelanjutan. Eco-literacy ini juga diperlukan agar siswa mampu mengolah sampah menjadi media pembelajaran sekaligus menjadi modal bagi siswa untuk memahami pembelajaran dengan lebih mudah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dari beberapa artikel jurnal,  buku, maupun sumber lain yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media daur ulang sampah mengakibatkan siswa lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan lebih mudah memahami proses pembelajaran di kelas.
 
Publisher STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
 
Contributor
 
Date 2018-10-12
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion

 
Format application/pdf
 
Identifier https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/171
10.32478/al-mudarris.v1i2.171
 
Source Al-Mudarris: Journal Of Education; Vol 1, No 2 (2018): edisi OKTOBER; 76-87
2620-4355
2620-5831
10.32478/al-mudarris.v1i2
 
Language eng
 
Relation https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/171/162
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/downloadSuppFile/171/6
 
Coverage


 
Rights Copyright (c) 2018 Journal AL-MUDARRIS