MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL AL-QURAN MELALUI METODE ALBANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Al-Mudarris: Journal Of Education
View Archive InfoField | Value | |
Title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL AL-QURAN MELALUI METODE ALBANA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
|
|
Creator |
setiawan, eko
|
|
Subject |
pendidikan
Al-Bana method, The early of Quran reading abilities |
|
Description |
As an institution that is concerned with Islamic Education, especially the Qur'an, TK Aisyiyah 19 Bandung has made Al-Qur'an education as a priority curriculum. Based on this, the author tries to apply the Al-Qur'an learning method that is more interesting, by using Al-Bana Al-Quran learning method (story-based). The purpose of this study was to improve the early reading abilities of Al-Quran children in group B TK Aisyiyah 19 Bandung. The method used in this research is a descriptive qualitative method, with the type of classroom action research. The results of this study indicate that the application of Al-Bana Al-Quran learning method influences the early reading ability of Al-Quran children aged 5-6 years in TK Aisyiyah 19 Bandung.Sebagai lembaga yang konsen terhadap Pendidikan Islam khususnya Al-Quran, TK Aisyiyah 19 Bandung telah menjadikan pendidikan Al-Quran sebagai kurikulum unggulan. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Al-Quran yang lebih menarik, dengan menggunakan metode pembelajaran Al-Quran Al-Bana (berbasis cerita). Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca awal Al-Quran anak kelompok B TK Aisyiyah 19 Bandung. Metode yang digunakan dalama penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Al-Quran Al-Bana berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal Al-Quran anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah 19 Bandung.
|
|
Publisher |
STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
|
|
Contributor |
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
|
|
Date |
2018-10-12
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion — |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/170
10.32478/al-mudarris.v1i2.170 |
|
Source |
Al-Mudarris: Journal Of Education; Vol 1, No 2 (2018): edisi OKTOBER; 68-75
2620-4355 2620-5831 10.32478/al-mudarris.v1i2 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/view/170/161
https://e-journal.staima-alhikam.ac.id/al-mudarris/article/downloadSuppFile/170/4 |
|
Coverage |
—
— — |
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Journal AL-MUDARRIS
|
|