STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS MANGGIS (Garcinia mangostana`L) DI KABUPATEN TRENGGALEK PROPINSI JAWA TIMUR
Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis
View Archive InfoField | Value | |
Title |
STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS MANGGIS (Garcinia mangostana`L) DI KABUPATEN TRENGGALEK PROPINSI JAWA TIMUR
|
|
Creator |
Purwandari, Hetik
|
|
Description |
Manggis (Garcinia Mangostana L) merupakan buah khas Indonesia dan menjadi produk unggulan Indonesia di pasar dunia. Manggis memiliki peluang pasar yang menjanjikan. Karena dari tahun ke tahun permintaan manggis meningkat seirinng dengan kebutuhan konsumen terhadap buah ini meningkat baik konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Peluang ekspor manggis masih terbuka lebar karena pasar buah-buahan termasuk manggis belum dibatasi kuota. Produksi hortikultura dalam negeri khususnya buah dan olahannya masih kekurangan bahan baku, sehingga perlu peningkatan produksi. Kekurangan bahan baku bukan hanya karena produksi rendah, tetapi juga karena tidak dicapainya standar kualitas manggis ekpor dan bahan baku industri. Penilitian dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Juli 2015. Lokasi penelitian di Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan pertimbangan bahwa daerah tersebut merupakan sentra penghasil manggis yang ada di Kabupaten Trenggalek dan pemasok kebutuhan manggis di Kabupaten Trenggalek. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus yakni pendekatan penelitian yang penelaahannya diarahkan kepada suatu kasus secara intensif, mendalam dan memadai serta komprehensif. Populasi penelitian adalah petani manggis di Kabupaten Trenggalek dengan pengambilan sampel dengan jumlah 15 orang petani secara acak di lima desa.Data yang dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder.Analisa data yang digunakan adalah dengan alat analisa SWOT. Analisis ini merupakan identifikasi berbagai faktor secara sisitematis untuk merumuskan suatu strategi dengan dasar pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (strenght) dan peluang (oppurtunities) namun secara bersamaan bisa meminimalkan kelemahan (weakneses) dan Ancaman (threats). Hasil penelitian berdasarkan analisis`SWOT, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan agribisnis manggis (Garcinia mangostana L) di Kabupaten Trenggalek alternatif yang paling tepat yaitu dengan menggunakan strategi SO karena mempunyai nilai tertinggi yaitu sebesar 3,15. Pada strategi ini yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang agar petani mampu mengembangkan sentra agribisnis manggis sehingga akan di dapatkan keuntungan yang optimal, dengan alternatif sebagai berikut :1) agroekologi yang cocok yang dipadukan dengan sumber daya manusia akan mampu menghasilkan buah manggis unggul, berkualitas dan kontinuitas serta mampu menciptakan manggis di tren pasar. 2) Ketersediaan bibit,lahan dan adopsi teknologi akan menghasilkan kualitas dan kuantitas manggis yang baik 3).Hasil produksi manggis akan unggul bila didukung ketersediaan sarana produksi dan kebijakan pemerintah dan moneter yang memihak ke petani |
|
Publisher |
Universitas Islam Kadiri
|
|
Date |
2020-03-11
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/982
10.32503/agribisnis.v18i2.982 |
|
Source |
Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis; Vol 18 No 2 (2018): Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis; 43-53
2715-9086 1829-7889 |
|
Language |
eng
|
|
Relation |
https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/agribisnis/article/view/982/794
|
|
Rights |
Copyright (c) 2018 Hetik Purwandari
http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
|