Record Details

PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL ASRI SYARIAH KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO

Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam

View Archive Info
 
 
Field Value
 
Title PENGARUH PRINSIP-PRINSIP PELAYANAN SYARIAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL ASRI SYARIAH KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO
 
Creator Nanda Hidayan Sono
Kusairi, Abi
 
Description Dengan seiring berkembangnya ekonomi syariah di Indonesia serta didukung adanya program Halal Tourism Industry. Salah satu tuntutan yang harus dipenuhi adalah bagaimana pelaku bisnis harus bisa memenuhi tempat penginapan yang membantu kenyamanan dalam praktek ibadah termasuk juga penyediaan makanan halal, kolam renang, spa, tempat olahraga dan beberapa fasilitas lainnya. Dalam menjalankan operasioanal kegiatan dan pengembangan bisnis perhotelan berbasis syari’ah, tentu dibutuhkan pelayanan yang baik sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prinsip-prinsip pelayanan syariah yang terdiri dari Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), Humanistis (Al-Insaniyyah) secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yang berjumlah 67 responden. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data diuji menggunakan uji instrumen atau prasyarat (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t) serta uji analisis koefisien determinasi ).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Ketuhanan (Rabbaniyyah) berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari nilai  sebesar -1,128 <  = 1,997 atau nilai sig. t = 0,264 > 0,05. (2) Etis (Akhlaqiyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dari nilai   sebesar 8.505 >  = 1,997 atau nilai sig.t = 0, 000 < 0,05. (3) Realistis (Al-Waqi’iyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan  sebesar 6.596 >  = 1,997 atau nilai sig. t = 0, 000 < 0,05. (4) Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan  sebesar 8.908 >  = 1,997 atau nilai sig. t = 0, 000 < 0,05. (5) Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai = 125.015 > = 2,51 dengan tingkat sig. F = 0,000 < 0,05.
 
Publisher Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Universitas Ibrahimy
 
Date 2021-02-28
 
Type info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Peer-reviewed Article
 
Format application/pdf
 
Identifier https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/1158
10.35316/idarah.2021.v2i1.22-40
 
Source Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam; Vol. 2 No. 1 (2021): Al-Idārah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam; 22-40
Al-Idarah; Vol 2 No 1 (2021): Al-Idārah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam; 22-40
2721-3633
2721-3641
 
Language eng
 
Relation https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/idarah/article/view/1158/926
 
Rights Copyright (c) 2021 Al-Idārah : Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam