PENDIDIKAN ISLAM DAN HAK PENYANDANG DISABILITAS; SUATU PANDANGAN KOMPREHENSIF DAN INTEGRATIF
Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
View Archive InfoField | Value | |
Title |
PENDIDIKAN ISLAM DAN HAK PENYANDANG DISABILITAS; SUATU PANDANGAN KOMPREHENSIF DAN INTEGRATIF
|
|
Creator |
Iffah, Ukhtul
Hasanah, Hasanah Rahman, Baitur |
|
Subject |
Islamic Education
Disability Rights |
|
Description |
Abstract: education is an effort made consciously and systematically to empowering all of the potential students to become complete human beings. the implication of education for society is being independent. therefore education is too important on the side of the community and it is increasingly difficult to leave it. independent society is a society that can supply all of their life necessities without depend on whatever. a lot of literature discusses moral decadention, so that necessary to socialize Islamic education massively to minimize moral decadention. on the other aspect, education is right of humans, including children with special needs. people with disabilities should not be underestimated by everyone, in Islamic religion never discriminate human existence based on physically, psychically, tradition, and other aspects except submission to Allah SWT. Keywords: Islamic Education, Disability Rights Abstrak: pendidikan adalah suatu upaya yang dilakukan secara sadar dan sistemis guna mendayagunakan segala potensi peserta didik agar mampu menjadi manusia yang seutuhnya. Melalui pendidikan, manusia dapat mengatasi pelbagai permasalahan hidup dalam dirinya. Urgensitas pendidikan semakin tidak dapat dipisihkan di benak masyarakat sebab dengan pendidikanlah suatu masyarakat menjadi mandiri. Masyarakat yang mandiri adalah masyarakat yang dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya tanpa banyak ketergantungan dengan apapun. Pada sekian banyak study yang menjelaskan dekadensi moral, maka butuh sosialiasi yang masif tentang pendidikan Islam sebagai alternatif dalam meminimalisir hal tersebut. Di sisi lain, pendidikan ialah suatu hak dan kewajiban bagi seluruh manusia tanpa terkecuali, termasuk penyandang disabilitas. Masih terdapat beberapa orang yang merehmehkan kemampuan penyandang disabilitas, namun demikian Islam tidak pernah membedekan kedudukan manusia berdasarkan fisik, psikis, ras, dan hal lainnya kecuali ketakwaan kepada Allah SWT. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Hak Disabilitas. |
|
Publisher |
Fakultas Tarbiyah Universitas Ibrahimy
|
|
Date |
2021-01-22
|
|
Type |
info:eu-repo/semantics/article
info:eu-repo/semantics/publishedVersion Peer-reviewed Article |
|
Format |
application/pdf
|
|
Identifier |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/1092
10.35316/edupedia.v5i2.1092 |
|
Source |
Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam; Vol. 5 No. 2 (2021): Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam ; 90-102
2580-0884 2252-8164 10.35316/edupedia.v5i2 |
|
Language |
ind
|
|
Relation |
https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/edupedia/article/view/1092/954
|
|
Rights |
Copyright (c) 2021 Edupedia : Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 |
|